Kamis, 09 Februari 2017

Sarapan Penting untuk Anak Indonesia

Menjadi seorang wanita apalagi ibu itu gak semudah kelihatannya, dia harus mengetahu betul kebutuhan apa yang diperlukan suami dan anak-anak. Tidak banyak orang menerapkan sarapan pagi sebelum melakukan aktivitas setiap harinya. Beberapa tetap menerapkan selalu ada sarapan pagi setiap hari dengan sayur dan lauk yang simple seadanya saja.

Ternyata pola yang saya sebutkan diatas salah lho. Saya mengetahuinya saat kemarin menghadiri acara "Ayo Bangun Indonesia". Ayo Bangun Indonesia merupakan ajakan bersama dari Nestle untuk melakukan kebiasaan sarapan pagi setiap hari terlebih untuk anak-anak sebagai penerus masa depan bangsa. Program Ayo Bangun Indonesia ini diluncurkan bersamaan dengan Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2017 yang jatuh setiap 14-20 Februari setiap tahunnya.

Acara Ayo Bangun Indonesia mendatangkan seorang ahli gizi Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS beliau menjelakan kalau sarapan itu tak hanya berguna untuk kesehatan tetapi juga perkembangan psikologis dari anak dan keluarga. Menurut Prof Ali seharusnya sarapan menunjang 15-30% kebutuhan total energi per hari, tetapi faktanya ada 44,6% anak Indonesia asupan sarapan pagi kurang dari 15% kebutuhan per hari.

Seorang psikolog muda juga hadir yaitu Vera Itabiliana atau biasa dipanggil Mba Vera. Sebagai Psikolog Mba Vera menjelaskan pentingnya sarapan setiap pagi pada anak dapat membantu meningkatkan kemampuan mental, kemampuan mengerjakan soal, koordinasi mata tangan, hingga menurunkan kecemasan pada anak saar stress. Sarapan juga bisa membentuk karakter anak lho.

Tak hanya para ahli di bidangnya ada wakil keluarga muda yang datang yaitu pasangan selebritis Dwi Sasono dan Widi Mulia, mereka berdua jua sangat mendungung program Ayo Bangun Indonesia. Bagi mereka sarapan untuk anak sangat penting, untuk orang tua sesibuk mereka harus menggunakan waktu sarapan sebaik mungkin untuk bertemu bersama keluarga tercinta. Quality Time bagi keluarga The Sasono ini sangat penting, dimana menjadi ajang belajar, berbagi bahkan saling meminta maaf. Widi Mulia sebagai seorang ibu ingin selalu asupan gizi untuk anaknya Dru, Widuri dan Den Bagus selalu baik. Meski dibantu oleh asisten tetapi Widi selalu ada disitu untuk memasak dan memastikan anaknya menghabiskan sarapan mereka.

Para Pembicara
Peluncuran Ayo Bangun Indonesia bagi saya sangat berkesan karena bisa belajar dan mendapat banyak ilmu terutama tentang sarapan. Saya termasuk anak yang dari kecil dibiasakan sarapan oleh orang tua, meski kadang sarapan hanya nasi telur kecap tetapi wajib. Jadi selama ini saya termasuk orang golongan 44,6% anak dengan asupan sarapan kurang dari standart ya (hihihi), makanya suka lemot banget. Tapi bersyukur ketika besok memiliki anak saya punya pengetahuan sedikit tentang pentingnya sarapan dan apa saja yang perlu di makan saat sarapan.

Pengen ketika sudah mempunyai anak bisa mengadopsi apa yang Keluarga The Sasono lakukan terhadap ketiga anaknya. Mereka bersama mempersiapkan menu sarapan bersama dan anak-anak diajari menghitung kalori, karbohidrat, dll yang perlu bagi mereka. Tak hanya itu kebersamaan sudah terjalin sejak awal saat mempersiapkan sarapan itu mulai dari belanja, memetik sayu, bahkan kadang mereka bersama memasak di dapur. Wah pasti senang sekali, semoga saya bisa seperti mereka.

Orang Tua di Indonesia, pastikan asupan gizi anak-anak anda cukup sekitar 15-30% ya. Supaya mereka semangat dan dapat belajar dengan baik. Anak-anak merupakan penerus bangsa, jadi segalanya harus diperhatikan dengan baik. Belum terlambat untuk merubah mereka dari sekarang. Ayo Bangun Indonesia!
Nestle memberikan Plakat kepada Pemerintah sebagai wujud ikut berpartisipasi dalam PESAN 2017

24 komentar:

  1. Waaahh berarti selama ini sudah bener nii, sarapaaaaannn.. Yeaaayyy

    BalasHapus
  2. nah udah mulai setahun ini rutin sarapan sebelum jam 9... penting memang supaya siang2 gak keliyengan

    BalasHapus
  3. Anak2ku terbiasa sarapan. Kasian kalo enggak, ntar ga bisa belajar.

    BalasHapus
  4. sarapan penting untuk usia yang masih muda dan tahap pertumbuhan. tapi, biasanya klo udh meranjak dewasa. Malas untuk sarapan mba.

    BalasHapus
  5. sarapan pagi buat saya mestinya emang banyak.. tapi anak sekarang, berangkat sekolah pagi buta, nggak sempat sarapan secara cukup dan layak

    BalasHapus
  6. Sarapan penting banget buat memulai hari. Apalagi buat anak sekolah. Kalau laper, belajar jadi ngga konsen juga ya.

    BalasHapus
  7. Jadi merasa berdosa,anak-anak seringbya sarapan ala kadarnya karena ibunya telat bangun..hiks

    BalasHapus
  8. Cieee blogger yang baru merried udah ngeblog soal anak niiyyy .. ^^ salam bahagia selalu dari datsun risers hihi

    BalasHapus
  9. Sarapan dengan duduk bersama tanpa memegang gadget dan menyalakan TV itu penting, dan saya masih mencoba demikian tiap hari

    BalasHapus
  10. Kalau sarapan nasi uduk, bagus nggak ya??

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah anak dan suami sarapan tiap pagi

    BalasHapus
  12. Jadi, menu sarapannya harus lengkap ya, Mbak? Jangan hanya seadanya?

    BalasHapus
  13. Sarapan bagiku itu wajib. Sudah sejak SD dulu sampai sekarang kerja.

    BalasHapus
  14. Saking ribetnya kadang aku suka skip sarapan. Tapi yg kalah mesti maag-nya. Huhuhu... Kalo buat anak, pasti wajib banget itu sarapan.

    BalasHapus
  15. Jadi sarapan memenuhi 15-30% itu harus terdiri apa mbak?

    Anakku setiap pagi sarapan sebelum jam 9. Tapi ya sarapannya nasi telur aja. Susu, dibawa kesekolah

    BalasHapus
  16. Dr jaman sekolah sdh terbiasa dg sarapan, walau seadanya. Biar konsentrasi sih. Smoga tetap berlanjut sampe berkeluarga

    BalasHapus
  17. Sarapan penting banget supaya anak anak bisa fokus menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Sarapan juga kabarnya membuat umur panjang 5 menit jika rutin sarapan

    BalasHapus
  18. Sarapan penting banget supaya anak anak bisa fokus menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Sarapan juga kabarnya membuat umur panjang 5 menit jika rutin sarapan

    BalasHapus
  19. Sebenarnya sarapan yang benar jauh lebih penting dari makan siang. Tapi kebiasaan di masyarakat kita justru sarapan sekedar syarat aja, nanti makan siang yang banyak

    BalasHapus
  20. Aku anak ya jarnag suka sarapan sejak kecil dan emang hasilnya sering kurng konsentrasi huhu

    BalasHapus
  21. Aku jarang sarapan tapi ternyata emang baik ya :(

    BalasHapus
  22. saya beruntung mendapatkan keluarga yang mewajibkan anak-anaknya sarapan setiap hari, memang sangat penting ya untuk kebutuhan energi kita selama seharian.

    BalasHapus
  23. Memang, buat anak2 sarapan itu penting. Biar otak bisa belajar. Thanks for sharing, Mbak :)

    BalasHapus