Belajar Keuangan Anak? Taman Literasi Aja!

By 07.47

Taman merupakan sebuah tempat yang menjadi area hijau yang nyaman. Bahkan kini taman sudah banyak dikelola oleh pemerintah dengan sangat baik, selain pemerintah taman juga menjadi perhatian bagi beberapa perusahaan swasta yang ada.

Kali ini saya sedang bermain ke Taman Mataram yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman Mataman ada dua di kanan dan kiri jalan, kali ini saya ke bagian kiri atau timur ya. Taman yang ada sangat rimbun dan nyaman, tamanan yang tumbuh pun sangat terawat lho tidak layu. Sampah juga tidak ada, dan taman ini menyediakan tempat sampah di banyak sudut jadi aman lah kalau mau buang sampah.


Taman Mataram ini sangat unik tak hanya rimbun tapi ada papan dan beberapa permainan pengetahuan. Penasaran saya mulai menelisik satu persatu. Wow ternyata amazing taman ini bisa buat belajar lho.

Masuk langsung menemui bagian hitung-menghitung, atau diberi nama Cha-ching. Siapa yang hadir diajak menghitung pengeluaran dan pemasukan kita supaya seimbang. Pelajaran menghitung keuangan ini juga perlu ditanamkan sedari kecil oleh sebab itu Taman Literasi ini dibuat lho. Permainan ini dibuat simulasi berapa pendapatan dan pengeluaran kita, setelah itu kita akan tau berapa saving yang ada.

Permainan Cha-Ching anak-anak diajari cara menghitung keuangan
Selain itu setelah masuk lebih dalam ada beberapa tulisan untuk selalu mengingatkan kita bagaimana baiknya mengatur keuangan yang sangat baik. Tulisan ini begitu simple tapi ajakannya untuk mengatur keuangan sangat simple dan dapat dimengerti oleh segala usia. Taman yang rimbun ini sangat Indah di sulap oleh Prudential, menjadi taman belajar yang sangat nyaman. Gak berasa belajar kalau gini semua terasa seperti main-main. Pada bagian tengah dan belakang taman ada area kosong sekedar untuk duduk bersantai menikmati taman atau sebagai tempat diskusi kelompok kecil. 

Owh ya kali ini saat main ke Taman Literasi Prudential saya datang pada waktu yang pas ada banyak tamu dari Prudential datang kesini. Seperti kali ini hadir Bapak Paul Manduca Chairman Prudential plc, Bapak Sean Rach, Chief Marketing Officer, Prudential Corporation Asia, bu Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing & Communications Director, Prudential Indonesia dan banyak tamu undnagan lain. Hari ini peresmian Taman Literasi dan disini saya baru tau kalau Taman Literasi dibuat sebagai CSR Prudential Indonesia, Program CSR ini didapat saat memenangkan Chairman Challenge Prudential Dunia.

Taman Literasi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dan Prudential memberikan kepada kita. Apalagi Taman Literasi ini snagat dekat dengan beberapa sekolah terutama SD Selong 4 dan SMK 15 Jakarta. Saat kosong bisa memanfaatkan taman ini untuk belajar, duduk santai maupun bermain para pelajar. Selain pelajar taman yang terbuka umum ini sangat cocok untuk santai bersama keluarga. Belajar sedari dini dan atur keuanganmu sebaik mungkin demi masa depan lebih baik. Kalau mau ajak anak-anak belajar mengatur keuangannya, ajak aja ke Taman Literasi ini mereka akan belajar dengan asyik

Chairman Prudential bersama Anak Sekolah dan Relawan

You Might Also Like

20 comments

  1. Asik ya, klo rumahnya yg deket dengan taman literasi bisa sering ajak anak bermain sambil belajar

    BalasHapus
  2. mba Riannn..kita ke sini lagi yukkk, masih belum puas ih kemarin :)

    BalasHapus
  3. Tamannya asik banget. Aku kemarin sempat lewat doang, liat sekilas. Duh coba deket-deket rumahku udah ada taman-taman macam begini.
    Sedini mungkin memang harus mulai diajarkan mengenal keuangan ya anak-anak itu. Bukan berarti buat jadi mata duitan, tapi buat lebih menghargai arti uang.

    BalasHapus
  4. Salut dengan bentuk tanggung jawab sosial Prudential untuk meningkatkan literasi keungan. Tidak dengan cara yang serius namun, lewat cara yang menyenangkan.

    BalasHapus
  5. Kak, ini Taman Mataram yang tulisannya merah apa putih? Soalnya kantor aku di depan Taman Mataram yg tulisannya putih.

    Bedanya, kalo yg merah MATARAM, kalo yg putih TAMAN MATARAM tulisannya wkwkw Dan, aku tiap sore suka jalan2 di depan tamannya wkwkw

    BalasHapus
  6. Wah, itu kalau kita ke sana dan jumlah orangnya sedikit tetap bisa main kan kak? (^^;)
    Ku penasaran dengan tamannya, terakhir kali menjelajah taman masih di daerah Lenteng Agung - Tanjung Barat yang tidak begitu jauh juga dari Depok :D

    [Lucky]

    BalasHapus
  7. Berarti di taman ini ada "guru" yang stay buat ngajak "main" anak-anak dong, ya?
    Duh, seru banget pasti. KAlau sejak dini anak sudah diajarkan soal keuangan, semoga masa depan mereka jadi semakin baik.
    Kapan-kapan mampir ah ke tamannya, kali aja nanti ada yang ngajak belajar bareng. *ehups :v

    BalasHapus
  8. Teknik sulap yang cerdas dari Prudensial, dari taman biasa menjadi tempat belajar mengatur keuangan,,,

    Ini briliant banget kalo menurut aku :)

    BalasHapus
  9. Sebagai warga Jakarta kumerasa kurang jalan-jalan masa hahaha aku tau mentok-mentoknya tamsur doang. Bagus ini konsepnya taman literasi kayak gini. Dekat pula dengan beberapa instansi pendidikan, jadinya bisa sekalian jadi alternatif belajar. Soalnya jenuh kan pasti belajar di kelas terus. Heu. Semoga gak cuma di sana aja sih ada taman kayak gini. Memang butuh sebetulnya alternatif belajar kayak gini.

    BalasHapus
  10. Belum pernah pergi ke taman ini. Tapi cocok ya buat taman belajar anak. Muga2 makin banyak taman2 berkualitas yg gak cuma isianya tanaman saja. Tapi bisa menampung aktivitas.

    BalasHapus
  11. Saya jd penasaran, seperti apa permainan Cha-Ching di taman ini. Memang lebih efektif belajar sambil bermain ya daripada belajar sambil duduk saja.

    BalasHapus
  12. Aku sering lewat taman mataram kalo mau ke blok m, tp blm pernah mampir.
    Belajar ttg memenej uang memang harus dikenalkan sejak dini,biar pd cerdas anak2 kita.

    BalasHapus
  13. kayaknya cocok nih kalo untuk saya, soalnya saya nggak faham tentang keuangan >.<
    taunya ya duit doang sih, hahaha
    aku juga kepo gimana konsep membelajarkan keuangan kepada anak, kurang detail ah mbak >.< eh, ntar jadi spoiler ya, hahaha

    BalasHapus
  14. Terbuka untuk umum kan mba . Wah boleh ini kapan² kesana ya

    BalasHapus
  15. Oo letaknya di Kebayoran Baru to?
    Ini kerjasama dgn pemkot Jkt selatan gtu ya mbak?
    Seneng bangt tuh pasti anak2 SD main di taman :D

    BalasHapus
  16. wah, mengajarkan keuangan dengan cara literasi di taman pula. cara yang bijak membuat anak mau belajar. penting emang mengajarkan fungsi uang sedari dini, bukan sekedar alat tukar aja, masih banyak fungsi lain yang perlu diketahui. keren

    BalasHapus
  17. Mari bermain ke taman.

    Karena Taman jaman sekarang, selain ruang terbuka publik, juga tempat belajar untuk anak.


    Aku juga ngerasain asiknya bermain di taman, mba Rian.
    Selain murah ((karena bisa bekel makanan dari rumah)), anak-anak juga bisa bersosialisasi dengan teman baru.

    Bagus buat anak yang introvert.

    BalasHapus
  18. Wah beda banget ya tamannya. Emang sejak kecil kita kudu blajar hitung2 ngan ttg uang. Biar enggak asal minta. Semoga taman literasinya ada di setiap daerah ya

    BalasHapus
  19. Saya blm pernah ketemu taman model begini. Selain untuk main, blajar di sana juga seru ya

    BalasHapus
  20. wah tamannya dekat rumahku, baru tahu kalau taman disitu ternyata punya fungsi yg lain.

    mbak rian nemuuu aja..

    selain itu belajar sambil bermain jg bagus sekali u anak anak..

    BalasHapus