Senin, 22 Mei 2017

Sadar Bahaya Hipertensi, Itu Penting!


Penyakit hipertensi itu sangat mengerikan bagi saya. Apalagi saya yang memiliki pengalaman kurang baik dengan hipertensi membuat sekarang harus extra hati-hati dan menjaga semuanya. Pengalaman ini berasal dari orang tua yaitu mama yang sudah terkena serangan stroke 8 tahun lalu, penyebabnya adalah hipertensi. Saat serangan berapa tensinya aku gak bisa jawab karena ketahuan agak terlambat sekitar satu jam setelah serangan karena gak ada orang. Makanya sekarang sangat tegas dengan hipertensi terutama untuk mama.

Kali ini dapet kesempatan mendapat ilmu dari pakarnya Dokter Spesialis Syaraf, mereka masuk dalam Himpunan Hipertensi Indonesia atau disingkat InaSH. Dokter yang hadir langsung Ketua Himpunan yaitu Dr. dr. Yuda Turana, Sp.s dan Wakil Himpunan dr. Tunggul D. Situmorang SpPD-KGH. Beliau berdua adalah dokter yang ahli di bidang hipertensi.

Dr Yuda menyebutkan bahwa angka kematian di Indonesia 25% disebabkan karena Hipertensi, cukup tinggi dibandingkan penyakit lainnya. Hipertensi menurut mintos karena gen turunan, sebenarnya tidak menurut dr Yuda factor utama hipertensi adalah gaya hidup yang tidak tepat. Mulai dari makanan yang tidak sehat hingga pola hidup yang sangat amburadul. Hipertensi tidak hanya menyerang orang tua tetapi bisa ke anak muda, oleh sebab itu ini harus diperhatikan dengan betul.

Ketika seseorang memastikan dirinya terkena hipertensi itu tidak bisa langsung ketika tensi tinggi dianggap hipertensi, tetapi haris melalui tes apakah benar terkena hipertensi. Seseorang harus selalu di check tensinya secara berkala dalam keadaan relax. Ketika orang ke dokter bisa saja tensinya tinggi karena dalam keadaan stress, takut, dll. Ini menyebabkan tekanan darah tidak stabil, oleh sebab itu check tensi paling tepat di rumah dalam keadaan relax.


Ketika orang memiliki penyakit hipertensi itu harus hati-hati karena bisa merambat ke stroke, jantung dan ginjal. Hipertensi tidak bisa disepelekan karena ini memiliki akibat yang sangat besar untuk ke depannya. Menjaga pola makan dengan perbanyak konsumsi sayuran dan buah setiap saat, kurangi makanan ber kolesterol tinggi. Mengkonsumsi suplemen herbal itu juga bisa tetapi lebih baik langsung mengkonsumsi sayuran dan buahnya langsung karena banyak kandungan yang tidak bisa digantikan.

Hipertensi kini menjadi hal yang sangat ditakutkan, calon pasien sebaiknya melakukan pengecekan tensi secara berkala dan kalau perlu setiap hari. Omron sebagai salah satu perusahaan membuat alat ukur tensi yang cukup besar di Indonesia, mengajak semua lapisan masyarakat untuk selalu melalukan pengechekan ini. Omron memiliki banyak prodak alat check tensi mulai dari alat rumahan hingga alat tensi professional untuk rumah sakit.

Alat tensi rumahan yang dibuat oleh Omron sangat terjangkau harganya, harapannya dengan terjangkaunya harga alat ini membuat siapa saja memiliki demi kesehatan mereka. Penggunaan alat tensi Omron ini otomatis sehingga memudahkan siapa saja untuk menggunakannya. Varian Alat Tensi Omron ini sangat beraneka ragam, bahkan yang terbaru sudah sangat canggih. Alat tensi Omron terbaru sudah bisa di connect kan ke handphone masing-masing menggunakan bluetooh dan terekam secara otomatis, bahkan akan muncul grafik untuk memperlihatkan tensi kita naik atau turun. Bahkan untuk pembeliaan saat ini omron memberikan free blocnote untuk mencatat grafik tensi kita secara manual supaya dapat diberikan pada dokter saat kontrol nanti.

Omron juga memberikan 500 buah alat tensi kepada Himpunan Hipertensi Indonesia. Harapannya dapat digunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat, keika kita tau grafik kita. Kita bisa menanggulangi segala kemungkinan yang ada lebih awal. Jangan sampai masyarakat tidak tau bahwa dia terkena peyakit hipertensi, memiliki alat ini sama saja menanggulangi mulai dari awal


Pengalaman menggunakan omron sangat nyaman dan simple. Semenjak mama terkena serangan stroke, saya selalu kemana-mana membawa omron ini untuk kepentingan mama. Bahkan kami membuat catatan manual dengan buku, untuk mencatat naik turunnya tensi mama. Laporan ini akan di bawa saat harus berkunjuk ke dokter setiap bulannya. Tak harus orang yang bisa menggunakan alat tensi manual, bapak dan asisten rumah tangga pun bisa membantu mama menggunakan alat tensi ini. Sangat mudah dan membantu.

4 komentar:

  1. Mulai sadar dan waspada sekarang mahh.. udah punya alat ukur dirumah

    BalasHapus
  2. Perlu bgt ya punya alat untuk ukur tensi darah, biar ga ke klinik untuk tau tekanan darah. Apalagi saya tekanan darah'y rada tinggi.

    BalasHapus
  3. alat ukur darah penting tapi aku belum punya :(

    BalasHapus
  4. Asik bgt ya skrg bisa direkam hasil pengukurannya jadi memudahkan kita utk kontrol tekanan darah :)

    BalasHapus