Yuk Mudik Sehat Bersama Keluarga

By 06.40

Bulan puasa sudah berjalan sekitar 7 hari ya gak terasa. Gimana puasa kalian? Semoga lancar terus ya sampai lebaran nanti ya. Masih 3/4 puasa lagi yang masih harus di jalani sekarang.

Puasa menjadi salah satu kewajiban bagi umat muslim untuk menjalankannya. Selain itu hikmah puasa jadi ajang solaturahmi bersama dengan keluarga, teman-teman, sahabat maupun rekan bisnis. Biasanya ketika puasa ada saja yang mengajak untuk ketemuan sekedar berbuka puasa sambil berbagi, ngobrol-ngobrol intinya silaturahmi.

Kaya kali ini diajak bukber bersama Kementrian Kesehatan di Taman Kalijodo. Unik juga kali ini bukber di Taman Kalijodo, lain dari biasanya. Ternyata disini Kemenkes sambil mengadakan berbagi takjil untuk masyarakat sekitar, trus ngobrol bareng blogger. Wah ini asyik banget

Kita diajak ngobrol bersama mengenai germas (gerakan masyarakat) dan mudik sehat. Secara sebentar lagi lebaran akan banyak masyarakat yang melakukan perjalanan ke kampung halaman, harapannya perjalanan mudik ini sehat dapat lancar sampai rumah tanpa kurang suatu apapun.


Gerakan ini sebagai gerakan untuk masyarakat sehat. Salah satu yang menjadi fokus kementrian kesehatan yaitu mudik sehat. Beberapa tips mudik dari Kementrian Kesehatan :
1. Mudik lebih awal apalagi jika membawa anak-anak
2. Siapkan konsumsi secukupnya di mobil terutama air putih banyak supaya tidak kekurangan cairan di mobil
3. Jika ada anak bayi atau anak kecil jangan lupa bawa makanan plus air matang

Kementrian Kesehatan juga menjelaskan bahwa dalam rangka mudik lebaran tahun 2017 akan ada banyak pos kesehatan di banyak tempat. Pos kesehatan ini diletakkan mulai dari jalan-jalan yang ramai, rest area, terminal, stasiun, bandara, pelabuhan, dll. Kalau dirasa mendadak butuh rest area ini sebentar lagi akan launching aplikasi android dari Kementrian Kesehatan untuk mengetahui pos kesehatan terdekat.

Jika dalam perjalanan butuh bisa buka aplikasi ini, dengan bantuan map akan menunjukkan pos kesehatan terdekat dari kita. Lalu gak kalah penting Kementrian Kesehatan menyarankan untuk membawa kartu BPJS, jadi ketika sakit atau yerjadi hal tidak diinginkan di perjalanan atau kampung halaman kita dapat menggunakan kartu BPJS ini. 

Lalu untuk driver atau pengendara Kementrian Kesehatan menghimbau untuk menjaga kesehatan sebelum berangkat. Jika melakukan perjalanan maksimal 4jam, karena menurut psikologi manusia 4jam sudah waktu maksimal seseorang mengendarai kendaraan. Lebih dari itu akan terasa penat dan akan mengurangi konsentrasi saat mengendarai. Ketika konsentrasi menurun bisa mengakibatkan kecelakaan, jadi jagalah dirimu sebelum terjadi apapun.

Nah sudah siap-siap mudik khan pasti? Hati-hati ya jaga kesehatan, salam untuk keluarga dirumah. Jaga dirimu dan keluargamu


You Might Also Like

8 comments

  1. Tahun ini gak mudik mbak, malah jadi tempat yg dituju saudara2 alias tuan rumah, thanks atas infonya

    BalasHapus
  2. Bermanfaat banget ya posko posko kesehatan yang disiapkan oleh pemerintah melalui PusPromKes dan Kemenkes jadi jika mengalami gangguan kesehatan di perjalanan dapat dengan mudah memperoleh pertolongan pertama. Mudik jadi asyik ya Mbak Berbie

    BalasHapus
  3. nah iya bener tuh, pengendara diminta untuk menjaga kesehatan seblum berangkat xixi jangan sampai ngantuk dan lelah juga dong pastinya demi keselamatan dalam perjalanan. Sudah 4 jam rehat dan rileks lah sebntar. Noted banget tuh

    BalasHapus
  4. Mudik juga harus memperhatikan kesehatan ya

    BalasHapus
  5. Mudik memang perjalanan panjang dan melelahkan apa lagi kondisi kita dalam keadaan puasa ya, jadi memang membutuhkan stamina yang prima dan penting banget untuk memperhatikan kesehatan tubuh kita ya

    BalasHapus
  6. Wah....infonya sangat bermanfaat nih buat pemudik seperti saya. Terimakasih infonya

    BalasHapus
  7. Aku ga mudiiik. Tapi info dr Kemenkes ini berguna dan bisa bermanfaat sewaktu2 perjalanan jauh

    BalasHapus
  8. Tahun ini gak ikutan mudik bareng Mbak. Tapi memang harus disosialisasikan info penting seperti ini

    BalasHapus