Cara Menggunakan AC Supaya Awet

By 05.22

Nyaman bagi banyak orang memiliki definisi lain-lain. Banyak hal yang mempengaruhi kenyamanan seseorang dalam menjalani hidup. Buat aku kenyamanan itu Keluarga tapi pasti ada faktor pendukungnya donk, supaya kalau kumpul keluarga betah lama. Ac atau air conditioner sekarang menjadi salah satu hal yang diperlukan banyak orang. Bahkan hampir setiap rumah sudah menggunakan A, bahkan bisa lebih

Cuaca saat ini sangat tidak jelas, terlalu sering panas sekali. Oleh sebab itu ketika cuaca panas banyak kantor, rumah, dll selalu menggunakan AC untuk memberikan kesejukan di ruangan. Untuk pengguna rumahan rata-rata AC dipasang pada kamar tidur, tetapi ada beberapa yang memasang pada ruang tamu maupun ruang keluarga nya.

AC sendiri memiliki kapasitas yang berbeda-beda menurut dengan besarnya ruangan dan pertimbangan lainnya. Produsen pembuatan AC juga berlomba-lomba membuat AC dengan banyak model dan fasilitas, mulai dari AC cepat dingin, low watt, AC simple, dll. AC biasanya memiliki Paard Kracht (PK) yang berbeda-beda. PK AC biasanya mulai dari ½ PK, ¾ PK, 1 PK, 1 ½ PK dan 2 PK ini yang rumah tangga, kalau AC kantoran sudah pasti beda lagi standart nya ya.

Cara menggunakan AC itu tidak bisa seenaknya lho, ada cara-cara penggunaan AC yang baik supaya tidak mudah rusak. Kalau biasanya AC mengikuti kita dengan pejet sana-sini supaya mudah dingin, efeknya AC ini mudah rusak dan gak dingin. Ini beberapa cara menggunakan AC yang baik :
  1. PK AC Sesuai dengan Ruangan
Membeli AC itu tidak bisa sembarangan, kita harus menghitung benar luas ruangan yang akan diberi AC supaya bisa tepat memilih AC yang pas untuk ruangan ini. Jangan sampai membeli AC dengan PK kecil tetapi ruangannya besar, kerja AC menjadi berat. Tetapi sebaliknya AC dengan PK tinggi diletakkan pada ruangan kecil, membuat ruangan sangat dingin dan AC menjadi tidak terlalu optimal. Misal ruangan 3x4m sebaiknya menggunakan ac 3/4PK supaya lebih nyaman

  1. AC Mati Jangan Langsung Nyalakan
Kadang kala dirumah kita tiba-tiba mati lampu, bisa karena beban terlalu tinggi atau karena memang dari pusat PLN mati sebentar. Kalau mati lampu dan AC pastinya mati sebaiknya jangan langsung dinyalanakn, biarkan beristirahat sebentar 3-5 menit supaya oli kompresor dan gas freon kembali ke kompressor dulu. Kalau kompresor dijaga ini akan bertahan lama, AC jadi awet.

  1. Atur Suhu dan Fan Sesuai
Ketika kita habis dari luar ruangan biasanya tergoda untuk menggunakan AC dikecilkan hingga 16 derajat dan fan paling besar. Maksudnya supaya suhu ruangan segera dingin dalam waktu yang pendek. Ini adalah hal yang sangat salah karena dengan memaksa AC menyala lalu derajat paling kecil, akan membuat kompresor bekerja ekstra. Sebaiknya nyalakan AC dengan suhu 22 derajat dengan fan sedang, biarkan ruangan perlahan menjadi dingin bukan seketika. Membuat AC tidak terlalu bekerja extra membuat lebih tahan lama

  1. Service AC Secara Berkala
Ketika memiliki AC itu seperti memiliki mobil atau motor yang membutuhkan perawatan. Kita tidak bisa hanya membeli dan menggunakan saja, harus ada perawatan yang baik pula. AC sebaiknya di service dan cuci 3 bulan sekali, supaya selalu bersih tidak banyak kotoran menempel. Ketika banyak kotoran pada AC, ini menyebabkan kerja AC terlalu berat. AC harus menyemprotkan udara dingin di cela-cela kotoran yang menempel pada AC ini. Jadi jangan lupa untuk selalu merawatnya setiap saat

Nah ini tadi cara penggunaan AC yang baik, jangan sampai penggunaan AC yang salah dapat menyebabkan AC tidak optimal dan mudah rusak. Jadi pelajari tentang Ac itu perlu supaya kita nyaman selalu saat menggunakannya.

AC memiliki banyak merk saat ini di Indonesia. Salah satu merk AC yang ada yaitu Daikin. Daiki merupakan merk AC yang memiliki varian yang beraneka ragam. Nah sekarang daikin membuat kompetisi yang berhadiah jutaan rupiah lho. Cara mengikuti lomba :
  • LIKE Facebook fan page Daikin Indonesia dan FOLLOW Instagram @Daikinindonesia
  • Share foto dan ceritamu dengan tema “Bagaimana AC Membuat Rumah Anda Menjadi Sejuk dan Nyaman” di Instagram (boleh single photo, or carousel photos)
  • Tag Instagram @Daikinindonesia
  • Sertakan hashtag #BeyondComforting
  • Jangan lupa tag dan mention 5 teman Anda untuk ikut berpartisipasi
Hadiah Lomba Daikin:
  • Juara 1 mendapatkan e-voucher senilai Rp4,000,000
  • Juara 2 mendapatkan e-voucher senilai Rp2,500,000
  • Juara 3 mendapatkan  e-voucher senilai Rp1,000,000
  • 10 pemenang favorit akan mendapatkan e-voucher senilai Rp250,000
Syarat & Ketentuan lomba ini bisa dibaca di http://bit.ly/beyondcomfortingcompetition udah ditulis sejelas-jelasnya disini supaya peserta yang ikut dipermudah.

Wah gampang banget khan caranya. Pasti kalian dirumah punya AC khan, kalau gak di kantor atau dimana. Nah coba aja ikutan siapa tau menang. Banyak banget hadiahnya bisa buat belanja lagiiii. Mau coba ikut ah, siapa tau bisa bawa pulang hadiahnya.

You Might Also Like

0 comments