Perhatikan Asupan Gizi Anakmu

By 09.20 ,

Anak-anak merupakan salah satu hal yang sangat dipikirkan masalah tumbuh kembangnya, tapi ada juga beberapa orang tua yang santai masalah asupan gizinya ini pokoknya asal anak doyan makan. Padahal harusnya asupan gizi bener-bener diperhatikan karena ini demi masa depannya donk.

Kemarin sempet dateng ke acara diskusi tentang "Pemenuhan Hak Kesehatan Anak" untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Acara diadakan di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Dalam acara ini dibuka dengan sebuah drama singkat dari adik yang bersekolah di Cugenang. Mereka menceritakan seorang anak SMP yang badannya sangat kecil dan dengan kaca mata yang tebal, sedangkan ada anak lain yang lebih tinggi dengan badan proporsional dia masih SD.

Anak SMP ini bertemu seorang dokter dijalan, dan dokter bertanya mengapa badannya sangat kecil. Ternyata anak ini ketika makan hanya makan nasi saja dengan pilus atau snack lainnya. Makanan ini sangat tidak sehat, memang anak suka tetapi tidak ada kandungan gizinya. Nah cerita lain yang anak SD ini dia badannya lebih besar dan proporsional, ternyata asupan gizinya sangat baik dia tidak banyak mengkonsumsi makanan siap saji. Semua makanannya dimasak dengan bumbu sehat pula.

Nah ini masalah yang hampir mirip ada di Indonesia kadang gizi dan asupan anak sangat tidak dipikirkan oleh orang tuanya. Efeknya seketika?? Enggak ini efeknya jangka panjang banget. Sebagian ibu bahkan menganggap sarapan bukan hal penting padahal ini salah banget, sarapan adalah asupan terpenting pada anak. Supaya anak semangat berpikir dan dapat menerima pelajaran dengan baik salah satunya adalah sarapan. Jadi bener-bener penting ingat ya

Dalam acara kemarin turut dibahas pula masalah Susu Kental Manis. Selama ini susu kental manis banyak dijadikan sebagai minuman pilihan selain susu. Tapi aku baru tau kalau ini salah besaarr, susu kental manis itu gak kaya gizi. Bahkan gula yang terkandung didalamnya sangat tinggi, bisa menyebabkan penyakit diabetes.

Jadi kalau ibu-ibu dan keluarga dirumah sedia susu kental manis jadikan pemanis makanan saja. Bukan jadi pengganti susu ya, kalau susu tetap harus susu sapi atau lainnya yang bukan susu kental manis.

Selama ini visual iklan yang tidak tepat serta frekwensi tayang yang tinggi inilah yang mengakibatkan masyarakat beranggapan susu kental manis adalah susu untuk diminum anak-anak. Bila hal ini terus berlanjut, dalam 20 tahun kedepan kesehatan anak-anak Indonesia jelas terancam. Asupan gula yang tinggi sejak dini beresiko obesitas dan diabetes dan berpotensi menurunkan produktivitas generasi masa mendatang.

Susu kental manis pertama kali di produksi di Amerika pada abad ke-18, dengan cara menguapkan sebagian air dari susu segar (50%) kemudian ditambahkan gula 45%-50%. Karena sifatnya yang tahan lama pada saat itu banyak dipakai sebagai bekal tentara Amerika yang sedang terlibat perang saudara.

Dilihat dari komposisinya, susu kental manis mengandung 50% gula, 7,5% rotein, 8,5% lemak serta 34% air dna bahan tambahan lainnya. Dalam setiap takaran saji (1 gelas = 150 ml air dan 4 sendok SKM), mengandung 20 gr gula atau setara dengan 2 sendok makan. Jumlah tersebut terbilang tinggi mengingat anjuran asupan gula harian tidak melebihi 25 gr.  Jika asupan gula berlebihan, dapat meningkatkan resiko obesitas dan diabetes.

Nah jadi tau ya semuanya kenapa perlu semua orang tau masalah susu kental manis ini. Susu kenal manis juga gak bisa mengganti asupan gizi yang diperlukan. Jaga asupan anakmu supaya jadi generasi emas 2045 besok 

You Might Also Like

24 comments

  1. Aihh jadi inget anak tetangga yg makan nasi pake pilus, ortunya seneng aja soalnya lahap makannya, ternyata blm banyak gizinya ya

    BalasHapus
  2. Infonya sangat padat dan sangat bermanfaat, tks mba...infonya

    BalasHapus
  3. Kirain susu kental manis sama susu formula kaya susu dancow dll..
    Oke makasih Mbak Ryann infonyaa. Nanti dioraktikkan kalau udah ada anak, sekarang cari dulu calon bapaknya anak2 hehehe

    BalasHapus
  4. Iya bener banget, susu kental manis atau biasa kita kenal sebagai condensed milk itu memang mempunyai kadar gula yang tinggi. Dari segi nilai gizi tentu berbeda dengan susu formula. Dan kemarin aku ikutan project dosen tentang nilai gizi anak, bener banget, anak-anak Indonesia cenderung stunting aka kekurangan gizi yang mengakibatkan terlambatnya pertumbuhan tubuhnya :")

    BalasHapus
  5. Anakku seneng banget sama SKM...tapi alhamdulillah, akhirnya bisa lepas juga dari cengkeraman si gula.
    Tapi masalah baru muncul.
    Suka minum susu pagi dan malam.

    Ini bagus gak siih, mba?
    Kalo susu itu kan sebenarnya sudah gak diperlukan lagi yaa...apalagi sejak anak lulus ASI 2 tahun.

    Tapi ngelepasinnya...mashaAllah, susahnyaaa~~

    BalasHapus
  6. Oh gitu yaaaa
    Aku dulu pernah nyoba susu kental manis buat dijadikan susu yang diminum itu loh. Ya rasanya emang beda. Gak cocok gitu. Ternyata memang tujuan dibuatnya bukan untuk susu pertumbuhan ya, hanya buat pemanis aja
    Hmmm ternyata 😯😯

    BalasHapus
  7. Susu SKM biasa buat makan pake roti, aduh ternyata bisa memicu Diabetes

    BalasHapus
  8. Hiks.. Aku kok jd baper, mudah2an anakku cukup gizi, ga mau disalahin kalo nanti tumbuh kembangnya ga baik

    BalasHapus
  9. Obesitasku mgkn krn suka banget SKM yaa, hiks...

    BalasHapus
  10. hmm untung belakangan ini anakku suka susu dan sereal coco crunch. Itupun awalnya dipaksa2 krn biasanya hanya suka roti tawar yang ngga dikasih apa2 hehe..

    BalasHapus
  11. Masalah gizi ini PR abadi bagi orangtua. Terlebih di usia sekolah, segala bentuk kebiasaan makan saat bayi terlihat di usia ini. Jadi kalau wktu bayi gak dijejali makanan sehat, ya diusia sekolah pasti suka makanan yang gurih macam pilus, dll.


    Kalau sol SKM, kami di rumah pnya SKM kalau lagi bikin jus atau pisang/roti bakar. Bahkan anak2 di rumah minum susu hanya sebagai cemilan. Alhamdulillah badannya tetap sehat

    BalasHapus
  12. Nah, iya Mbak...saya baru tau kalau susu kental manis itu, bukan full susu. Untung anak-anak saya gak begitu suka SKM, mereka lebih senang susu sapi.
    Eh, kayaknya keponakan saya harus tau masalah ini. Dia gak minum susu selain SKM.

    BalasHapus
  13. nah ini dia, kenapa udah tau kalau susu kental manis itu tidak banyak asupan gizi dan iklan visualnya salah tapi kenapa gak ada yang melakukan pemberitahuan yaa .. soalnya jangan sampai salah kaprah tentang SKM

    BalasHapus
  14. sekitar 2 mingguan yang lalu, saya datang ke acara sejenis tentang pertumbuhan anak, bahas gizi juga sih, tapi ga bahas susu kental manis

    baru tahu malah dari tulisan ini kalau susu kental manis tidak boleh jadi pengganti

    BalasHapus
  15. untunglah kalo dirumah, susu kental manis buat campuran bikin roti, rotinya bisa lebih lembut...
    btw gampang-gampang susah menyediakan makanan untuk anak, emaknya udah cape masakin eh anaknya gak mau makan , duh...

    BalasHapus
  16. Parah ih aku baru tau ternyata susu kental manis malah bisa menimbulkan obesitas. Mamaku stock-nya di rumah selalu susu kental manis heu. Harus buru-buru bilang biar ganti ini mah. :(

    BalasHapus
  17. susu kental manis, enaknya dijadikan bahan olesan roti kak, sam ditemni minum kopi susu. tambah sedap ya

    BalasHapus
  18. Nah, lho. Ini saya baru tahu disini, kalo SKM itu gak baik buat perkembangan gizi anak. Oke, sip. Ini harus saya sampaikan kepada istri dan orang-orang sekitar. Terimakasih sharingnya, Mbak..

    Salam bahagia dari Bondowoso..

    BalasHapus
  19. Tapi saya suka pake banget susu kental manis, apalagi yang coklat..*eh. btw anak2 semua jarang banget minum susu kental manis, sukanya susu bubuk dan tidak pro ke salah satu produk.. soalnya selama pola makan baik.. insya Allah, kesehatan terjaga

    BalasHapus
  20. Susu kental manis gak murni susu. Untungnya ponakanku gak gila bgt sama susu kotak. Kudu lihat betul nih kandungan susunya lbh banyak atau kebanyakan pemanis

    BalasHapus
  21. Pantas saja anak tetangga tiba tiba Endut...katanya sejak dialihkan ke susu kental manis jd Endut...tapi giginya bolong ..usia baru 2 tahun...
    Jadi endutnya mungkin krn kadar gula tadi ya

    BalasHapus
  22. ternyata skm itu tidak bagus ya mba. bagusnya skm buat org dewasa yang di kombinasikan dengan roti tawar enak banget pastinya nih

    BalasHapus
  23. ho oh benee banget, susu kental manis mah sirup rasa susu menurutku xixix

    sbgi tambahan supaya anak anak mau makan makanan beragam, ibu harus jg makan makanan beragam saat hamil.. nanti kalau anaknya besar suka makan byk ragam makanan jg

    BalasHapus
  24. Wah, pilus. Kaya anak kost haha. Sebenernya mungkin kalau di Indonesia bukan ga peduli, tapi belum paham. Wong suamiku aja bilangnya mau turun bb, makannya nasi plus kentang kan dia ga paham nurunin bb gimana, ya ga beda jauh lah. Mengerti gizi itu salah satu syarat mutlak menjadi orangtua sukses

    BalasHapus