Kreasi Seru Membuat Polimer Clay

By 18.32

Tau gak sich selama ini aku itu orang yang pernah bisa berkreasi. Aku sama Bapak itu sama banget, byuhh susah kalau urusan karya seni. Kalau aku sama bapak pasti bercandanya, kita ini terlahir orang yang gak punya rasa seni tinggi haha.

Suka ngakak kalau inget jaman SMP dulu disuruh bikin kerajinan tangan Woodcraft Construction Kit. Rasa seni aja jongkok eh ini disuruh bikin dinosaurus 3D khan susah banget, gergaji sana sini trus disusun. Akhirnya gak kehilangan akal, minta diajarin pak guru gimana caranya suruh nunjukin. Selamattt Pak Guru gak sadar kalau dia yang aku giring buat ngerjain, tradaaaa berhasil dan bagus banget. "Ialah Kahiyang, gimana gak bagus wong gurumu yang buatin" huahahaa

Nah setelah sekian lama gak main dengan urusan karya seni, kali ini ditantang banget bikin Polimer Clay. Hmmm apa sich Polimer Clay? Polimer Clay adalah clay yang paling mahal yang terbuat dari gerabah, keramik batu, porselin, Keramik. Clay ini masih langka di Indonesia. Proses pengeringannya dengan cara di oven

Nah kali ini aku mau main-main pake Polimer Clay bikin pin dan pendant lho. Bikinnya sama temen-temen Blogger Jogja jadi gak cuma mijit-mijit keyboard, sekali-kali mijit polimer boleh lah ya haha. Belajarnya langsung sama ahlinya yaitu Mba Eta pemilik @neverta_gallery yang udah ahli urusan polimer kaya gini

Aneka Model dan Warna Clay
Kita pertama dikenalin sama bahan-bahan pembuatan Polimer Clay ini. Paling utama yaitu clay dari Fimo yang kwalitasnya memang gak perlu diragukan lagi. Fimo ini teksturenya lebih baik daripada clay yang dibuat secara manual. Kok lebih baik? Menurut hasil uji coba menggunakan Fimo ini lebih kuat dan tidak jamur, kalau yang lain lebih mudah keluar jamur

Udah tau khan kenapa pake Fimo? Nah sekarang kita membuat Polimer Clay nya ya. Siap berkreasi? Pokoknya gak ada yang jelek semua oke kok. Langkah membuat Polimer Clay

1. Adon Clay Supaya Lembut
Clay dari Fimo ini agak keras, tergantung teksturenya. Ada yang kids, soft, classic, effect dan professional. Semua memiliki kekhasan yang berbeda lho. Tadi yang sempet di pegang yaitu soft, classic dan effect. Kalau yang soft ini terkesan lembut, jadi di adon dikit aja udah lembek. Kalau Effect ini terlalu kaku jadi saat di adon harus kuat dan sabar.

Tangan kita memiliki kadar panas masing-masing berbeda, ada yang tangannya hangat, dingin bahkan basah. Seperti tanganku yang terkesan hangat ini harus menggunakan yang agak keras teksturenya supaya gak terlalu lembek. Tadi sempat menggunakan yang soft, eh malah jadi kaya main slime hihi

Nah kalau mau buat Polimer Clay ini harus beraneka warna ya, jadi disa berbagi deman teman-teman supaya punya warna macam-macam. Warna ini nanti dibentuk menjadi hal yang pengen dimiliki, pokoknya membuat sesuai keinginan kita. Clay ini bisa jadi macam-macam. Nah kita pake nya Gimo dari Staedtler, ini apik banget pokoknya bisa membantu kita bikin macem-macem

2. Keramik dan Roller
Keramik ini berguna menjadi tatakan saat kita membentuk clay yang ada, supaya gak repok khan alasnya keramik aja. Udah rata dan gak terlalu lengket kalau buat membentuk, tapi kalau butuh yang enak sebaiknya diatas keramik diberi plastic, semakin memudahkan saat nanti mengangkat

Roller ini mirip dengan roller untuk kue tetapi sebaiknya menggunakan yang dari akrilik supaya gak lengket. Guna roller ini bisa untuk mengempukkan atau untuk membentuk pipih clay yang ada. Jadi bisa bener-bener rata, enggak miring kanan kiri hehehe. Tapi roller gak cuma yang mulus aja, tapi ada roller yang sudah bermotif, jadi tinggal tekan langsung dech clay kita udah bermotif

3. Cutter dan Cutter Motif
Cutter ini berguna untuk memotong clay agar lebih rapi, jadi bentuknya agak presisi. Jika perlu ya tapi, kalau merasa gak perlu pakai saja tangan juga oke kok. Cutter pun ada beraneka macam, mulai dari yang biasa dan lentur ada pula yang bermotif. Jadi bentuk pinggirnya bisa bergerigi apik dech

4. Oven
Oven ini berfungsi untuk memanggang clay yang ada. Clay selesai dibentuk akan dipanggang supaya tetap kuat gak berubah bentuk ya. Gak punya oven yang bagus? Pakai oven biasa aja bisa asal derajat dan waktunya jangan salah ya

Nah ini sekarang coba bikin donk diajari Mba Eta mulai dari cara meremas-remas. Pokoknya kaya nguleni adonan lah, tapi jangan semangat-semangat ya hahaha. Gimana bisa dipakai? Itu kalau sudah diremas dan dipipihkan trus ditekuk dia gak pecah, itu brati dah oke ya. Jangan sampai kaya aku yang jadi slime hahaha, sampai mba Eta pusing lah mikir Kahiyang yang tangannya kaya api ini hahah

Setelah membuat alas kita tinggal membuat bentukannya, kemarin diajarin buat mawar, tinggal dipipihkan trus digulung jadilah dalamnya mawar, tambahan bikin kelopaknya 2 dulu lanjut 5 trus 7 biar mekar bak senyum manis Kahiyang ini eaaa. Selain bunga mawar juga ada bunga calla lily. Ini lebih mudah lagi karena tinggal mau bikin kelopaknya di pipihkan lalu digulung, tapi sebelumnya bagian dalam siapkan clay yang berbentuk lonjong kecil. Tinggal puta raja jadi dech. Buat pemanis masing-masing bunga tambah daun ya

Clay kita sebelum di Oven
Nah kemarin selain membuat itu iseng aja di bross aku kasi yang mlungker-mlungker biar kaya ilanang dan daun kecil-kecil cantik. Nah udah dech cantik banget khan bikinan kahiyang eaaaa. Kalau udah gini tinggal kasi gliter khusus clay diatasnya biar klihatan mengkilap banget, kalau butuh teksture biar wow langsung aja di garis-garis supaya terihat istimewa lagi

Udah siap khan tinggal di panggang di oven yang nyala atas bawah ya biar oke. Ovennya gak lama-lama cukup 30menit aja dengan suhu 110 derajat, jangan lebih ya. Suhu 110 derajat ini jangan sampai gak pass ya, kalau gak pas bakal repot banget jadi pecah dan gosong clay nya

Sambil nunggu 30 menit oven, kita bisa beres-beres meja biar bersih dan bisa pepotoan. Tapi tetep aja Kahiyang pepotoan khan cantek huahaha. Nah kalau udah selesai di oven ini, bisa keluarkan lalu diberi jarum untuk brossnya, jarumnya juga direkatkan dengan clay sisa tadi. Nah kalau udah dipasang untuk pin nya lalu di oven lagi biar bener-bener nempel ya. Oven nya sama 110 derajat dan 30 menit, jangan lebih ya

Ini saat pemanggangan di Oven
Selesai di oven kedua didinginkan dulu donk, bisa di kipas-kipas atau diletakkan pada ruang terbuka. Gak lama kok 5 menit aja udah agak dingin. Nah kalau udah langsung dech dikasi pernis untuk clay. Gunanya? Pernis ini akan melapisi gliter dan clay nya supaya tetap menempel baik di clay nya. Jangan sampai kalau kita pakai gliternya kemana-mana. Eh ia diingat ya jangan memberi pernis saat panas, karena bakal bikin jelek clay nya. Pernisnya akan nyumpul disatu tempat dan jadinya gak bagus. Tradaaaaa jadi dech bagusss bangetttttt

ini saat kita memberikan pernis
Nah pengen belajar kaya aku? Aku kemarin belajar di Joglo Ayu daerah Pogung Jalan Kaliurang Yogyakarta, ini mapnya https://goo.gl/maps/K1vg1uRNNU62. Kalau hari libur sekolah anak-anak juga bisa diajak main kesini, ikut kelas bikin clay menarik banget ya. Kalau mau bisa hubungi Mba Eta 0856-4331-8885


Paket Belajar Clay di Joglo Ayu Tenan :
Paket Anak-anak 150.000 per anak bisa membuat miniature buah, boneka minimal 10 orang
-  Paket Dewasa 250.000 per orang bisa membuat bros/ pendant/ miniature nah ini minimal 7 orang ya

-  Paket Kain Shibori 400.000 per orang, mendapat kain untuk Scraf dan dapet kain 2mx50cm. Kainnya bisa dimodel sesuka kita, bisa jadi kenangan nich bikin scraf di Joglo Ayu
 
Hasil Karya Kita semua yeaaayyy

Kahiyang bareng sama Mba Eta (kiri) dan Mba Yayuk (kanan)
Yeayy keseruan kami ber 7

You Might Also Like

1 comments

  1. seru banget! pingin ajak najla ke sini. kemarin bawa clay ke rumah, ga pe sehari udah habis dibuat pin=)

    BalasHapus