Jumat, 27 April 2018

Diet Sehat dengan Makanan Berbahan Kedelai

sumber khasiat.co.id
Sebagai seorang wanita tau tentang dunia kesehatan dan pangan itu wajib donk. Kok gitu? Ia agar kita dapat menyiapkan makanan yang benar-benar baik plus sehat untuk keluarga tercinta di rumah.

Nah cocok banget kemarin ikut belajar tentang masalah makanan. Nah kali ini yang dibahas Konsumsi Kedelai mencegah Obesitas, nah nah ini cocok banget buat aku karena kebetulan aku dan suami gemuk ya jadi pengen banget menjaga berat badan supaya pelan-pelan jadi ideal ya *amin amin

Narasumber kali ini ada Prof. Dr. Made Astawan seorang ahli kedelai dari Kampus IPB. Prof Made menyebutkan bahwa kedelai adalah makanan yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan yang ada didalamnya sangat lengkap, kedelai ini sangat "merakyat" karena harga yang murah dan bisa dikonsumsi oleh siapa saja

Prof. Dr. Made Astawan (Baju Merah)
Nah menurut penelitian di Indonesia ini adalah negara nomor 2 yang paling banyak mengkonsumsi kedelai setelah cina ya. Kedelai tak hanya dimakan begitu saja, tetapi bisa dikonsumsi dengan banyak cara. Rata-rata orang Indonesia mengkonsumsi kedelai dengan dimasak dan dibuat minuman

Sebelum bahas tentang kedelai kita bahas masalah kenaikan berat badan dalam tubuh. Banyak faktor yang menyebabkan berat badan kita meningkat dengan drastis ya. Rata-rata yang ditemukan karena :
  • Konsumsi kalori yang berlebih
  • Porsi makanan yang terlalu besar untuk tubuh
  • Konsumsi makanan dan minuman manis
  • Makanan/snack siap saji
  • TV, Video, Computer yang penggunaannya terlalu tinggi. Nah kalau ini pengaruhnya ketika kita banyak diam akan sering timbul rasa lapar, jadi tergodalah dengan konsumsi makanan
Nah selain hal diatas yang bisa menambah berat badan, ada kegiatan kita yang sangat baik dan menunjang untuk berat badan kita ideal atau turun yaitu dengan konsumsi buah yang banyak, konsumsi makanan rendah lemak plus olahraga rutin

Menurut informasi Prof Made sebelum tahun 2014 WHO selalu mencanangkan hari gizi karena banyak ditemukan orang yang sakit bahkan hingga meninggal karena kekurangan makan bergizi. Tetapi pola hidup ini tenyata berubah mulai tahun 2014 WHO mencatat 65% penduduk dunia yang overweight & obesitas memiliki resiko kematian tinggi daripada yang kekurangan gizi.

Kini masalah obesitas ini menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh WHO supaya angka kematian karena obesitas semakin menurun. Obesitas ini adalah awal dari segalanya karena bisa memicu banyak penyakit. Penyakit yang sering muncul karena obesitas yaitu hipertensi, radang sendi, stroke, jantung, ginjal, dll. Nah karena itu saat ini kita dituntut untuk berubah pola hidup supaya tidak obesitas, konsumsi makanan yang baik dan rendah lemak

Kamu Android apa Genoid?               sumber : google
Prof Made menyatakan ternyata obesitas ini memiliki beberapa tipe. Tipe ini unik karena memiliki keistimewaan tersendiri, tapi jangan salah kita perlu pahami ya. Tipe Obesitas :
1. Tipe Android (Tipe Buah Apel)

Tipe android ini terdapat penumpukan lemak di sekitar dada, leher dan muka. Nah tipe Android ini banyak kita temui pada pria dan wanita dengan usia lanjut. Resiko gak? Ya tetap beresiko donk. Tipe android ini beresiko terkena : diabetes melitus, jantung koroner, stroke, pendarahan otak, hipertensi, kanker payudara. Jika sudah masuk tipe android ini kita memiliki memungkinan terkena penyakit ini 6x lebih besar  daripada yang memiliki berat badan normal. tapi kalau kita mau berusaha tipe android ini bisa menurunkan berat badan lebih mudah



2. Tipe Genoid (Tipe Buah Pear)
Tipe Genoid ini akan ada penumpukan lemak di perut, pinggul, paha dan pantat makanya kenapa seperti buah pear ya. Nah untuk tipe ini banyak ditemukan pada wanita usia produktif ya. Tetapi untuk resiko penyakit Genoid ini memiliki presentase yang kecil. Eits tapi jangan senang dulu, tipe ini jeleknya susah untuk menurunkan berat badan. Hadyuhh aku banget

Nah kita termasuk tipe apa ya? Hah kita? aku juga kalekkk. Ah mulai berhitung. Nah ini kita harus menghitung nilai rasio pinggang terhadap pinggul. Tau khan bedanya mana hihi. Nah kalau rasiao lebih dari 0,9 itu kita tergolong Tipe Android

Nah selain itu kita juga harus memantau berat badan kita supaya tetap ideal ya. Kita menghitung nilai IMT (Indeks Masa Tubuh). Nah cara menghitung IMT dengan berat badan dibagi dengan tinggi badan ya. Jangan kebalik lho. Kalau hasilnya itu :
  • IMT kurang dari 18 itu kurus
  • IMT 18,5-24,9 itu normal
  • IMT 25-27 itu kegemukan (overweight)
  • IMT lebih dari 27 itu obesitas
Nah menurut Prof Made ada penghitungan prevalensi obesitas penduduk indonesia lebih dari 15 tahun di Indonesia. Tau gak paling tinggi mana? Ternyata DKI menduduki peringkat pertama untuk penduduk obesitas

Diet dengan Kedelai

sumber klimg.com
Kedelai memiliki banyak kandungan yang sangat baik. Makanya kedelai ini bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita, yaitu :
  • Menjaga hati supaya sehat
  • Menjaga agar tidak terkena diabetes
  • Membantu menjaga berat badan tubuh
  • Membantu metabolisme tubuh
  • Baik untuk otak
  • dll

Nah kedelai ini adalah bahan makanan yang sangat kaya dengan komponen bioaktif dan punya kemampuan anti obesitas. kadungan kedelai yaitu : vitamin, mineralm asam lemak tak jenuh, peptida dan asam amino, serat pangan, prebiotik, saponin, isoflavon, fitosterol, dll. Semua kandungan ini sangat baik untuk tubuh kita, berperang dalam pengenbangan pangan fungsional untuk kesehatan

Ini semua adalah alasan utama kenapa kedelai sangat baik untuk tubuh kita plus dapat membantu kita menurunkan berat badan. Karbohidrat dalam kedelai ini adalah karbo yang memiliki IG rendah jadi sangat baik

IG itu apa sich? IG (Indeks Glikemik) adalah angka yang menunjukkan kecepatan makan dalam menaikkan gula dalam darah. Makanan dikatakan rendah IG nya jika indeksnya kurang dari 55, sedang antara 55-69 nilai IG nya dan tinggi untuk IG lebih dari 70

Ketika kita banyak mengkonsumsi makanan yang rendah IG maka kita akan merasa kenyang lebih lama, lemak dalam darah rendah, kadar gula renda. Selain itu efek untuk tubuh dan kesehatan menurut Prof Made mengurangi penyakit diabetes, berat badan menurun, penyakit diovaskuler menurun.

Soyjoy untuk Kesehatan dan Diet

Kita tau banyak makanan yang membuat tubuh kita membengkak alias kegemukan. Nah kita sendiri yang harus menjaga itu semua agar tetap dalam tubuh ideal. Kenapa? Sperti dibahas diatas ketika tubuh kita mengalami kegemukan maka akan berpengaruh pada aneka penyakit yang menyerang kita

Nah contoh nya kita harus mengkonsumsi makanan yang rendah IG nya. Dibahas oleh Prof Made, bahwa makanan yang rendah IG sangat baik untuk tubuh kita. Salah satunya olahan dari kedelai yaaa

Nah kali ini Ibu Evy Christina Setiawan beliau adalah Head of Scientific Section di PT Amerta Indah Otsuka. Bu Evy menjelaskan bahwa PT Amerta Indah Otsuka ini sangat peduli dengan kesehatan masyarakat, oleh sebab itu membuat makanan sehat yang mudah dinikmati

Ibu Evy (baju hitam)
PT Amerta Indah Otsuka membuat produk yang kita kenal dengan sebutan SOYJOY. Produk dengan bahan 100% kedelai ini sangat baik dikonsumsi oleh siapapun. Tak hanya itu kar gula dalam SOYJOY ini sangat rendah jadi gak perlu khawatir ya

Varian dari SOYJOY ini ada macam-macam lho dan memiliki nilai IG yang rendah. Seperti yang dibahas nilai dibawah 55 itu rendah, varian dan nilai IG SOYJOY :
  1. SOYJOY Strawberry nilai IG 33
  2. SOYJOY Raisi Almind nilai IG 28
  3. SOYJOY Banana nilai IG 29
  4. SOYJOY Almond & Chocolate nilai IG 24
  5. SOYJOY Crispy nilai IG 19
Nah dari detail nilai diatas terlihat jika SOYJOY ini sangat sehat dan bisa dikonsumsi setiap hari. Bahkan untuk pengganti makan pagi bisa juga tetapi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berapa yang dimakan, tapi jangan kalap juga ya

SOYJOY sempat membuat riset mengenai dapak konsumsi SOYJOY setiap hari dan konsumsi gandum berpengaruh dengan bedat badan. Nah hasilnya konsumsii gandung sebelumnya 75,5kg turun menjadi 72,7kg sedangkan pengkonsumsi SOYJOY awalnya 73,4kg turun menjadi 69. Nah ini menunjukkan jika mengkonsumsi SOYJOY dapat menurunkan berat badan

Kok ngaruh ya SOYJOY sama berat badan? Itu karena 100% kedelai dan rendah lemak. Jadi saat tertentu tubuh kita kekurangan gula maka akan membuat lemak menjadi energi kita ya. Makanya hasilnya lemak akan berkurang drastis

Nah kayaknya sekarang aku perlu perbanyak konsumsi makanan dengan bahan kedelai, plus SOYJOY buat snack aja ya. Sedang hamil asupan tetap perlu dijaga supaya sehat tetapi gak telalu membengkak juga ya badan. Kalau kalian gimana? Jangan lupa jaga asupan yaa

46 komentar:

  1. Harganya berapa mbak? Kasih tips diet yang cocok buat aku dong hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya gak mahal kok SOYJOY nya satuan rata-rata 7000an aja

      Hapus
  2. Saya termasuk salah satu yg sering makan soyjoy mba.. lumayan untuk pengganti nasi atau cemilan pas siang hari di kantor hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah nah ini salah satu yang menghabiskan stock SOYJOY di rumah muncul hihi

      Hapus
  3. Saya penggemar soyjoy rasanya sangat menggelegar. Yummy

    BalasHapus
  4. Itu kata nah banyak banget ya mb, g bs dikurangi gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa nanti dikurangi ya biar plus haha

      Hapus
  5. Kedelai memiliki memang banyak kandungan yang sangat baik yaa bagi kesehatan.
    Apalagi soyjoy udah enak, bergizi, menyehatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener simple konsumsi soyjoy aja, enak simple.

      Hapus
  6. Wah bersyukur banget seneng sama Soyjoy ini, membaca tulisan ini jadi tahu banyak kandungan manfaatnya. Makasih ya barbie..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 yuk konsumsi kedelai yang banyak biar gak makin melebar body ku ini *pedih

      Hapus
  7. Duh iya nih, aku udah ngerasa makin gemuk sekarang. Kudu mulai jaga pola makan. Btw kusuka loh soyjoy crispy ini. Enak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia crispy enak, eh enak smua malah. tapi tetep enak paling suka coklat

      Hapus
  8. Saya tipe apa ini, mengembang di perut. Apel kayaknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayooo check sik, aja2 tipe keduanya hahaha

      Hapus
  9. Balasan
    1. Duh aku bingung tipe apa karena hmmm kayaknya semua hahah

      Hapus
  10. Saya kurus bgt mbak... Makan soyjoy bisa nambah BB juga kah wkwkkwkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kalau jadi snack aja. Nah lainnya asupan yang bergizi ditambah supaya berisi

      Hapus
  11. Suka banget ama kedelai 😍
    Apalagi so joy 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sich olahan kedelai paling suka tempe daripada tahu, tapi kalau soyjoy suka simple enak

      Hapus
  12. Penggunaan komputer yang cukup intens dapat memicu keinginan untuk makan/ngemil. Berarti blogger juga banyak yang terkena syndrome ini dong ya, saya juga hobi ngemil kalo lagi main komputer... Tapi badannya tetap kurus, susah gemuk.

    Ternyata tipe orang gemuk ada banyak juga ya....

    BTW salam kenal ya dari blogger Ndeso. Kita satu wag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau tipe badan beda2 memang, ada yang kaya aku kayaknya air putih aja membengkak hahaha. Ia tipe gemuk itu lain2 gak gemuk aja.

      Salam kenal juga dari blogger pelosok

      Hapus
  13. Berarti makan tempe juga baik ya kak. Kan tempe kedelai juga. :)

    BalasHapus
  14. Aku tipe badan genoid nih. Susah banget turunnya. Mau diet Soyjoy ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia sama aku juga grasa duh nurunin nya berat banget hikz. Tapi tetep usaha ahh semangaaatt

      Hapus
  15. Aku suka kedelai. Enaaak. Gizinya banyak. Asyik nih ada Soyjoy Crispy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia varian baru enak. Selama ini paling aku kedelai rebus, tempe dan tahu aja hehe

      Hapus
  16. Kita mesti rajin mengonsumsi kedelai ya biar berat badan ideal. Enak sekarang sudah ada Soyjoy. Rutin ah 1 jam sebelum makan besar biar porsi makan berkurang hehehe ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, aku juga cobain itu biar gak laper banget tapi tetep makan supaya ada asupan lainnya

      Hapus
  17. Aku kok gemuknya di perut dan di pinggul. Gimana dong. Tipe apa itu?
    Aku suka banget dulu makan yang mengandung kacang kedelai. Tapi pas program hamil, terpaksa aku kurangi. Apalagi buat suami, aku berhetiin. Karena ternyata kedelai bisa mematikan sperma.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh baru tau kalau kedelai bisa mematikan sperma. Kalau pas tujuannya diet aja makan kedelainya hihi

      Hapus
  18. Lgkp bgt ya gizinya, praktis bgt buat tmn dijalan ketika lapar melanda 😁

    BalasHapus
  19. Saya juga mulai rajin konsumsi panganan dan snack dengan bahan dasar kedelai mba :) kepengen kurangi berat badan biar ga obesitas.

    BalasHapus
  20. Kandungan kedelai banyak banget ternyata ya, dan semuanya bermanfaat buat.tubuh, mulai skarang jd aware u.makanan yg d konsumsi

    BalasHapus
  21. Saya konsumsi soyjoy tapi yang cokelat (jadul) masih ada stok 1 box lagi hehehe

    BalasHapus
  22. Lagi hamil gini lumayan juga nyemil Soyjoy,terutama kalau sedang terjebak macet. Harus ada bgt Soyjoy di tas buat nyemil2 sehat :))

    BalasHapus
  23. Biasanya aku minum susu kedelai. Tapi skarang asyik nih ada soyjoy berbahan kedelai :)

    BalasHapus
  24. Saya masuk tipe genoid mbak.. dan sepertinya saya butuh soyjoy ��

    BalasHapus
  25. Wah, meski nyetok soyjoy jg nih buat emak2 yg malem suka begadang trus tiba2 laper. Mayan kan selain praktis g bikin gemuk. Heheh

    BalasHapus
  26. Kedelai ini emang luar biasa ya, protein mendekati daging, rendah lemak, trus IG rendah. Cocok buat makanan sehat. Paling praktis kalau gak mau repot ya makan Soyjoy :D

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah Ada ya Makanan sehat tapi enak. Mau Cobain ah nanti

    BalasHapus
  28. Sebelum cobain yang crispy ini, daku dulu suka Soyjoy banana :)
    Mau hidup sehat ya kudu makan makanan yang sehat ya.

    BalasHapus
  29. Awal kuliah dulu aku sering nyetok Soyjoy mbak, tapi lama-kelamaan kok ya jadinya jajan sembarangan terus sampai sekarang. Mesti beli ini nanti ah.

    BalasHapus
  30. Aku suka Soyjoy! Ketahuan sering nyemil kan.

    BalasHapus