Rabu, 23 Mei 2018

5 Kuliner Banyuwangi yang Wajib Kamu Cobain

Bosan dengan feeds bertema pemandangan alam sewaktu liburan? Kalau sedang berpetualang mencari tempat wisata di Banyuwangi, kamu bisa sedikit anti-mainstream dengan membagikan foto-foto makanan tradisional khas daerah di ujung timur Pulau Jawa tersebut. Dijamin bakal bikin teman-temanmu sukses menelan ludah dan pengen segera menyusulmu ke Banyuwangi untuk ikutan pesta kuliner. Apa saja menu-menu yang menarik untuk diabadikan di feeds kamu? Tengok dulu daftarnya di bawah ini.

1. Pecel Pitik
Pecel selalu identik dengan sayuran, tempe, kerupuk peyek, dan siraman bumbu kacang yang sedap. Tapi di Banyuwangi ada pecel yang unik, yaitu Pecel Pitik. Pitik sendiri kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti ayam, dan, memang, ada suwiran daging ayam pada racikan Pecel Pitik ini. Potongan daging unggas tersebut diurap bareng sayuran dan bumbu. Bagaimana rasanya? Pasti bikin penasaran untuk mencicipinya.

2. Sego Cawuk
Dengan harga seporsi yang sangat terjangkau, nikmati kelezatan khas Banyuwangi yang nggak duanya ini. Sebuah menu nasi berkuah, diperkaya dengan gurihnya parutan kelapa, plus lauk-pauk, seperti telur, pepes ikan, hingga daging dendeng. Dijamin bakal membuat lidah bergoyang, meski cuma melihat fotonya saja.

3. Sego Tempong
Warung Sego Tempong yang legendaris di Banyuwangi adalah milik Mbok Wah, yang berada di Jalan Gembrung no. 220. Tempong, kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti ‘tampar.’ Memang, rasanya cukup nampar saking enaknya. Nggak heran kalau warga sekitar dan para wisatawan selalu memenuhi warung Mbok Wah ini. Bareng seporsi Sego Tempong yang berisi nasi putih, sayur, ikan asin, dan tiga ekor teri jengki, serta sambal, kamu bisa menikmati lauk-lauk lainnya, seperti cumi, kepiting, atau ikan goreng.

4. Rujak Soto
Sebuah masakan fenomenal yang sukses bikin jutaan masyarakat Indonesia penasaran. Bagaimana mungkin rujak dikombinasikan dengan soto? Tapi selain tempat wisata di Banyuwangi kamu juga bisa menemukan kenikmatan kuliner ini. Seporsinya berisi rujak, plus bumbunya, kemudian disiram dengan kuah soto. Rasanya tiada tara!

5. Pecel Rawon
Petualangan menjelajahi tempat wisata di Banyuwangi akan membawamu ke sebuah masakan fenomenal, Pecel Rawon. Sebuah menu kombinasi yang nggak tepat, tapi ternyata enak juga saat benar-benar dicicipi. Sepiring nasi pecel, lengkap dengan sayur dan bumbu pecel, disiram dengan kuah rawon beserta isian daging. Ternyata masyarakat Osing nggak perlu diragukan kemampuannya dalam memadukan dua menu yang bertolak belakang menjadi sebuah perpaduan yang istimewa.

Bagaimana? Sudah mulai meneteskan dan menelan air ludah, tanda nggak sabar untuk mencicipi menu-menu anti-mainstream dari kota yang berjuluk the sunrise of java ini? Segera atur rencana untuk berlibur musim panas, berburu kuliner unik sambil menjelajahi berbagai tempat wisata di Banyuwangi. Booking tiket kereta api, bus, atau pesawat sekarang juga. Siapa tahu dapat harga promo yang lebih bersahabat, bikin liburan makin menyenangkan.

2 komentar:

  1. Duh aduh mbak, aku baca artikel ginian pas jam laper bikin makin laper.
    Kuliner di sana unik2 ternyata ya mbak, gabungan antara 2 makanan, pecel rawon, rujak soto, hhihihi wajib banget dicoba nih kalau ke banyuwangi hehe

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    BalasHapus
  2. wih sego tempong menggoda banget itu, apalagi liatnya lagi puasa gini

    BalasHapus