Selasa, 24 Juli 2018

Air Bersih dan Keindahan Danau Toba

Kehidupan saat ini sangat beraneka ragam, tetapi paling utama sandang, pangan dan papan. Tak hanya itu lho kebutuhan air bersih saat ini menjadi salah satu kunci utama dalam kehidupan. Bagaimana tidak, ketika kita tidak memiliki air bersih makan kehidupan pun akan tidak sehat

Sehat bagi kita manusia berawal dari asupan makanan dan minuman yang bersih dan sehat. Bagaimana bisa bersih kalau yang dimakan dan diminum dari air yang kurang sehat. Konsumsi air bersih yang minim ini menjadi kendala bagi banyak daerah di Indonesia

Menurut data versi Wateraid (2016), Indonesia berada di peringkat ke-6 dari 10 negara atau sekitar 32 juta orang di Indonesia tidak memiliki akses air bersih. Ini menjadi keprihatinan pemerintah dan kita semua bagaimana supaya air bersih ini menjadi hal yang bisa dinikmati dan digunakan oleh siapa saja

Air dikatakan bersih tak hanya dilihat dari luar saja yang jernih dan apik. Tetapi harus benar-benar diuji hinggal hal yang paling kecil, supaya pasti kalau air yang ada disekitar kita memang bersih dan bisa dikonsumsi

Kalian tau Danau Toba ini adalah sebuah tempat yang indah banget lho. Kalau ke Sumatra Utara sebaiknya mampir ke danau Toba yang terkenal ini. danau Toba memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, ini sangat luas sekali makanya danau toba memiliki daya tampung air yang sangat banyak

https://3.bp.blogspot.com/-S_2YEkPvM7E/Wvm_sWHz5_I/AAAAAAAAOQ4/RCYYTLOd8fo6xSP1Cbd7ej0hCrwLtxePgCPcBGAYYCw/s640/danau%2Btoba.jpgKeindahan danau Toba tidak perlu diragukan lagi, alam yang hijau dengan hawa yang sejuk membuat siapa saja betah untuk berlama-lama disini. Seperti saat akhir tahun 2017 saya bekesempatan ke Sumatra Utara tempat keluarga besar suami disana


Saya melakukan perjalanan di Sumatar Utara selama 11 hari tepatnya. Hingga menghabiskan malam pergantian tahun bersama keluarga besar. Nah ini menjadi kesempatan saya untuk berkunjung langsung ke Danau Toba yang selama ini hanya menjadi hal yang diharapkan



Saya dan keluarga mengunjungi Danau Toba lewat desa Tongging, desa ini terletak di dekat gunung sipiso-piso. Dari atas terlihat seperti danau yang super besar dan indah dengan hamparan hijau bukit yang menghadang. Danau yang ada di desa tongging ini ternyata adalah Danau Toba. Wuah senang sekali saya akhirnya bisa ke danau ini dan menikmati indahnya langsung alam Sumatra Utara


https://1.bp.blogspot.com/-Omwb9llCmFs/WwWLKRYJzPI/AAAAAAAAOVE/IN3rUkBqEogBXF0OVLog2xsFhq8TwjfbgCLcBGAs/s640/danau%2Btoba.jpegSaya mulai berpikir andai air di Danau Toba bisa langsung di konsumsi pasti enak banget ya masyarakat disini, karena air yang ada sangat melimpah. Air di Danau Toba memang bersih jernih, ini menandakan Danau Toba tidak tercemar oleh apapun. Tetapi untuk langsung diminum tidak bisa karena masih ada hal yang membuat air di Danau Toba tidak bisa langsung dikonsumsi

Keprihatinan  akan kebutuhan air bersih layak konsumsi tersebut akhirnya menggerakkan kegiatan pensterilan air di Danau Toba menggunakan Teknologi Filter. Jadi dengan Tekonologi ini membuat air di danau Toba bisa menjadi air bersih yang siap digunakan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar Danau Toba

Kalau sudah begini masyarakat akan dipermudah mendapatkan air bersih. Tinggal mendistribusikan ke rumah-rumah dan siap digunakan. Air ini sangat membantu kesejahteraan masyarakat sendiri.

Semoga dengan ini tak hanya seputaran Danau Toba saja tetapi daerah lain juga bisa memiliki air bersih. Amin

17 komentar:

  1. Whuaaa ...indah banget bisa lompat di tepi Danau Toba, pemandangannya bagus ya, alhamdulillah air di sana belum tercemar, semoga terus terjaga kelestariannya

    BalasHapus
  2. seneng banget mbak bisa jalan ke sana bareng suami, 11 hari lagi. rasanya cukup untuk menjelajah ke smua penjuru Toba mbak

    BalasHapus
  3. Kalau bicara Danau Toba ingat cerita mitos. Baru tahu ternyata air di sana gak bisa langsung diminum

    BalasHapus
  4. Danau Toba tetap menyimpan keindahan alam dan suasananya. Mudah mudahan dapat terus dijaga. wisatawan pun harus hati hati berkunjung kesini mengingat ada beberapa kecelakaan kapal. mesti tetap jaga keselamatan walau berlibur

    BalasHapus
  5. Hmm pake teknologi filter yaaa... Ya semoga danau toba tidak akan menjadi danau kritis seperti 15 danau lainnya, kalau penanganannya bagus seperti ini


    Btw, fotonya kak Rian ciamik. Bisa ngawang gituuu.hahaha

    BalasHapus
  6. Aku salfok sama bajunya mba pas lagi lompat. Itu tenun ya bahannya??

    Btw, aku tuh kagum banget sama danau toba yang luas buanget. Udah berasa kaya laut aja.

    BalasHapus
  7. Seneng banget bisa ke Danau Toba. Ini danau yg pertama kukenal sejak kecil dari buku dongeng dan kaset cerita ttg asal usul Danau Toba heh. Moga kapan2 bisa ke sana :D

    BalasHapus
  8. Wah ikut senang, ternyata air danau Toba masih bersih. Itu berarti masyarakatnya sadar akan pentingnya menjaga alam ya, semoga teruslah demikian...

    BalasHapus
  9. Air bersih memang penting banget. Karena merupakan sumber kehidupan. Aku pingin ke Danau Toba nih

    BalasHapus
  10. Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan lagi dalam penyedia dan penyelanggara air bersih, khususnya untuk daerah terpencil dan sukar akses air bersihnya agar nantinya semua orang bisa menikmati air bersih..

    Selain itu, pemerintah juga harus fokus pada pengawasan dan pengelolaan hutan sebagai daerah resapan air. Tentu tiada gunanya jika hutan tidak dijaga. Karena hutan bisa menjadi tempat yang tepat untuk sumber air bersih..

    BalasHapus
  11. Semoga kebersihan air di Danau Toba selalu terjaga, ya, Mbak.
    Agar ketersediaan air bersih untuk masyarakat sekitarnya dapat terpenuhi.

    BalasHapus
  12. Selain digunakan untuk minuman, ada pemanfaatan lain gak mba?
    Aku sudah tak punya bayangan lagi bagaimana indahnya Danau Toba dalam kenanganku.

    Padahal aku numpang lahir di Sumatera Utara sini...
    Masih jauh siih...di Pangkalan Brandan.


    Sungguh ku rindu tanah kelahiranku.

    BalasHapus
  13. Indah bgt salah satu booklist gw buat traveling. Alhamdulillah bermanfaat bgy ya danau toba bs berikan air bersih untuk masyarat sekitarnya.
    Prihatin sih no 6 dr 10 negara.. hiks

    BalasHapus
  14. Saya baru 2x ke danau Toba mba dan salah satunya sama kamu aihihihi... Semoga masyarakat sekitar Danau Toba merasakan manfaat dari teknologi filter yaa.. Jadi mereka gak kekurangan air bersih nantinya

    BalasHapus
  15. Danau Toba memang harus bersih yah airnya karena kan sudah dijadikan objek wisata unggulan oleh Kementerian Pariwisata.

    Jadi, kangen kampung halaman nih. Kebetulan mama aku ada keturunan batak dari marga Damanik. Kalo kk marga apa?

    BalasHapus
  16. Kemarin nyebur juga di Danau Toba, barbie?
    Tongging itu cakep banget viewnya, setuju, Barb?

    BalasHapus
  17. Belum pernah ke danau Toba nih diriku. Kepengen sih. Di sana boleh nyemplung nggak, mbak? Wkwkw biar nanti kena teknologi filter trus tubuhku jadi bersih deh. Luar biasoo

    BalasHapus