Senin, 14 Mei 2018

Pembangunan Filter Air Bersih di Simalungun Sumatra Utara

Kehidupan saat ini sangat beraneka ragam, tetapi paling utama sandang, pangan dan papan. Tak hanya itu lho kebutuhan air bersih saat ini menjadi salah satu kunci utama dalam kehidupan. Bagaimana tidak, ketika kita tidak memiliki air bersih makan kehidupan pun akan tidak sehat

Sehat bagi kita manusia berawal dari asupan makanan dan minuman yang bersih dan sehat. Bagaimana bisa bersih kalau yang dimakan dan diminum dari air yang kurang sehat. Knsumsi air bersih yang minim ini menjadi kendala bagi banyak daerah di Indonesia

Menurut data versi Wateraid (2016), Indonesia berada di peringkat ke-6 dari 10 negara atau sekitar 32 juta orang di Indonesia tidak memiliki akses air bersih. Ini menjadi keprihatinan pemerintah dan kita semua bagaimana supaya air bersih ini menjadi hal yang bisa dinikmati dan digunakan oleh siapa saja

Air dikatakan bersih tak hanya dilihat dari luar saja yang jernih dan apik. Tetapi harus benar-benar diuji hinggal hal yang paling kecil, supaya pasti kalau air yang ada disekitar kita memang bersih dan bisa dikonsumsi

Daerah yang saat ini menjadi perhatian yaitu Kecamatan Pematang Sidamanik, kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Daerah ini berbatasan langsung dengan Danau Toba yang sangat terkenal itu, air yang begitu melimpah ada disana. Tetapi sayang sekali masyarakat susah mendapatkannya karena jarak. Mata air yang ada di seputaran kecamatan ini jika sudah kemarau akan lebih kering, jadinya masyarakat akan mengkonsumsi air seadanya bahkan air kotor

Ini menjadi keprihatinan dari  PT Suri Tani Pemuka (STP) yang sangat memperhatikan hal ini. Oleh sebab itu PT Suri Tani Pemuka (STP) berinisiatif membangun Sistem Filtrasi, supaya air dari Danau Toba dapat difilter untuk digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

Sistem filtrasi yang dibuat PT Suri Tani Pemuka (STP) adalah Ultra Filtration Water Treatment, dimana air Danau Toba melewati penyaringan berlapis untuk memastikan kualitas air yang dihasilkan stabil dan baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat. PT Suri Tani Pemuka (STP) tak hanya sampai disitu hasil air yang disaring ini lalu dibawa ke laboratorium untuk dicheck hasilnya

Sample air hasil filter diuji di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Setelah melalui uji coba yang beraneka macam untuk memastikan bagaimana air ini. Akhirnya keluarlah hasilnya dan sangat memuaskan, hasilnya air filter Danau Toba dinyatakan memenuhi syarat untuk air minum

Masyarakat dan pemerintah sangat senang dengan hal ini. Mereka bersyukur dan lega sekali sekarang air bersih sangat mudah di dapatkan, tidak perlu lagi berjalan jauh untuk mendapatkan air bagi kehidupan mereka. Terima kasih dari mereka untuk PT Suri Tani Pemuka (STP) yang memperhatikan kebutuhan dasar bagi masyarakat Kecamatan Pematang Sidamanik

Tak hanya disitu harapannya setelah adanya air bersih ini, kesehatan masyarakat di Kecamatan Pematang Sidamanik angkanya semakin membaik. Kok kesehatan? Ia donk dengan air bersih maka kesehatan akan selalu terjaga, tidak lagi harus menggunakan air yang kurang sehat

Eh tak hanya itu lho PT Suri Tani Pemuka (STP) juga sangat peduli dengan alam sekitar. Seputar Danau Toba sedang diadakan aksi Gerakan Aksi Untuk Lingkungan (GAUL), supaya ada penanaman pohon untuk kebaikan lingkungan. PT Suri Tani Pemuka (STP) melakukan penanaman pohon di seputaran Danau Toba, yaitu di Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba dengan luas 20 Ha dan menanam 11.000 Pohon

Penanaman ini sangat berfungsi untuk kelestarian daerah seputaran Danau Toba. Ketiba banyak pohon mati, akan ada penanaman yang terus berjalan. Hasilnya penghijauan akan selalu ada di daerah ini, anak cucu kita akan merasakan juga indahnya danau toba

Selain itu PT Suri Tani Pemuka (STP) juga selalu memikirkan nasib anak-anak dan pendidikannya untuk masa depan. Dalam hal ini PT Suri Tani Pemuka (STP) akan mengajar anak-anak sekitar usia SD untuk belajar Bahasa Inggris. Bahasa Inggris sangat penting saat ini, jadi mereka harus memahaminya.

Beberapa waktu sebelumnya mereka sudah belajar beberapa hal. Pada peresmian kemarin salah satunya murid SDN Tambun Raya memperlihatkan hasil yang mereka pelajari dengan menari dan bernyanyi dalam bahasa Inggris. Semoga anak-anak ini semakin memahami dan menjadikan Bahasa Inggris hal yang penting dalam kehidupan

sumber Harian Medan Bisnis
Eits tak hanya itu beberapa tempat di sekolah-sekolah SD fasilitas toilet sangat kuran, bahkan bisa dikatakan minim sekalin. PT Suri Tani Pemuka (STP) memperhatikan hal ini, karena dengan toilet bersih kenyamanan anak-anak saat belajar sangat berpengaruh. Toilet ini dibangun di SDN Tambun Raya dan SDN Parbalohan

Tapi tak sampai disitu saja, alat-alat penunjang kebersihan di sekolah ini juga disediakan oleh PT Suri Tani Pemuka (STP). Supaya sekolahan dan sarana prasarana yang ada bisa dijaga dengan baik untuk kenyamanan mereka sendiri. Kebersihan lingkungan sekolah akan sangat berpengaruh pada keberhasilan sekolah plus kesehatan mereka sehari-hari

Ada juga Pembangunan jembatan sebagai salah satu akses jalan juga dilakukan untuk menyambungkan daerah Tambun Raya dengan Tigaras. Banyak yang kesulitan ketika akses jembatan ini belum ada, tetapi saat ini jembatan sudah ada. Kenyamana masyarakat sangat terbantu dengan hal ini

Semoga dengan adanya semua pembangunan ini masyarakat di Sekitar danau Toba semakin sejahtera. Bagi daerah yang belum ada pembangunan, semoga pembangunan akan terus ada dan merata disegala aspek kehidupan

25 komentar:

  1. semoga jadi inspirasi utk pihak lain dan ditiru ya kak ^^

    BalasHapus
  2. Sukses dan maju terus untuk PT Suri Tani Pemuka yang memerhatikan air bersih layak konsumsi.

    BalasHapus
  3. Wah danau kebanggaan masyarakat yang di kenal dunia. Airnya aman ya setelah dilakukan penelitian.

    BalasHapus
  4. Luar biasa yaaaa, dgn program kayak gini bisa berfaedah banget utk masyarakat luas
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  5. Semoga makin banyak proyek perusahaan yang bermanfaat kaya gini ya kak. :)

    BalasHapus
  6. Kapan yak air keran yang ada di rumah2 di Indonesia bisa aman langsung diminum kek di eropa/amerika/negara2 maju?

    Eh eh kok aku baca artikel ini jd kangen pengen balik ke Toba #galfok

    BalasHapus
  7. Wah bermanfaat sekali ya programnya untu mensejahterakan warga sekitarnya.

    BalasHapus
  8. Sumatera Utara semakin berkembang nih... semoga lancar pembangunannya untuk kesejahteraan Indonesia

    BalasHapus
  9. Wah aku suka dengan program seperti ini, air bersih itu penting, dan harus dijaga biar anak cuci cicit kita tak kekurangan air bersih nantinya ya

    BalasHapus
  10. GAUL, Gerakan aksi untuk lingkungan waah mantep bangeet. Berarti orang yang cuek sama lingkungannya sendiri itu ga gaul ya Kak?

    BalasHapus
  11. Semoga programnya bisa nular ke perusahaan-perusahaan lain juga. Keren nih! Thanks for sharing ya, mba :))

    BalasHapus
  12. Air sumber kehidupan, kalau air diminum sehat badan akan sehat

    BalasHapus
  13. ahhh senang bacanya, ademmm... semoga masyarakat di sekitar Danau Toba dan di seluruh Indonesia makin sejahtera yaa..

    BalasHapus
  14. Keberadaan air bersih sangat diperlukan bagi semua orang. Kepedulian untuk mengatasi kesulitan air bersih semoga semakin mengetuk orang untuk membantu.

    BalasHapus
  15. seneng banget aku bacanya karena memang air itu sumber kehidupan manusia

    BalasHapus
  16. keren banget usahanya! semoga semua berjalan lancar dan sesuai dengan rencana agar air tetap bersih :)

    BalasHapus
  17. Wahh aku baru tahu, kalau daerah di Pematang masih ada yang belum terjangkau air bersih..

    BalasHapus
  18. Sedih juga ya rasanya, kl berbatasan sama Danau Toba, tp ga bs memanfaatkan airnya. Untung ada Suri Tani. Dan keren jg Suri Tani memerhatikan penghijauan di sekitar Danau Toba, ya :)

    BalasHapus
  19. somehow aku selalu sedih kalo ngomongin air, kadang meski di daerah terpencil.. yang seharusnya itu air bersih banyak banget.. malah banyak ga bisa nikmatin air beersihnya karena limbah :(

    BalasHapus
  20. Semoga pemerintah juga lebih peduli dan turut peran serta untuk masalah air bersih ini

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah akhirnya permasalah air bisa teratasi ya. Sesih juga ya klo air yang jadi sumber utama kehidupan menjadi langka atau bermasalah.

    BalasHapus
  22. indonesia masuk 10 besar tapi ini peringkatnya soal akses air bersih, hiks sedih

    aku pernah ke rptra kalijodo, pas mau wudhu itu air berbau dan asiiiin banget ... kata petugasnya memang seperti itu, lagi diusahakan untuk ada alat penyaring supaya airnya gak asin dan bau ... karena klo air asin, gak bisa buat nyiram tanaman juga

    BalasHapus
  23. Hebat ya. Semoga program ini diikuti oleh daerah2 lain.air bersih itu penting banget

    BalasHapus
  24. Kadang pas baca seperti ini kita baru bersyukur kalau kita punya akses mudah untuk air bersih. Semoga program ini juga dilakukan oleh daerah lainnya yang membutuhkan akses air bersih.

    BalasHapus