Kamis, 28 Juni 2018

Cara Mencuci Mobil tanpa ke Salon Mobil


Kondisi mobil yang kotor tentu akan membuat pengemudinya menjadi tidak nyaman. Hal ini juga akan mengurangi rasa percaya diri pengemudi ketika melaju di jalanan. Belum lagi kotoran yang tidak bisa dibersihkan akan bisa menjadi sumber kuman dan penyakit. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaga kebersihan mobil.

Sebagian besar orang memilih untuk menunda membersihkan mobil karena tidak punya cukup waktu untuk pergi ke salon mobil. Belum lagi kalau harus mengantre panjang menunggu giliran mobil untuk dicuci. Akan semakin bertambah buruk jika kualitas pencucian mobil buruk namun ongkos yang dibebankan tinggi.

Agar terbebas dari hal-hal menyebalkan tersebut, maka anda disarankan untuk mencuci mobil anda sendiri. Luangkan waktu di akhir pekan untuk mencuci mobil sendiri tanpa harus ke salon mobil.

Panduan Cara Mencuci Mobil
Bagi anda yang belum pernah mencuci mobil sendiri, ini dia panduan cara mencuci mobil dengan tepat yang bisa anda terapkan sendiri di rumah.

1. Pastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat. Kemudian semprotkan air ke badan mobil untuk menghilangkan debu yang menempel karena jika langsung digosok maka debu-debu tersebut bisa menimbulkan goresan di mobil.
2. Gunakan cairan khusus pencuci mobil untuk membersihkan mobil dari berbagai jenis kotoran. Pastikan anda menggunakan spon yang bersih untuk menggosok badan mobil dengan cairan pencuci mobil.
3. Bilas sabun sampai bersih kemudian keringkan dengan memakai lap khusus yang bersih dan tidak berbulu. Agar tidak merusak cat mobil, pastikan anda tidak mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung.
4. Kemudian lanjutkan ke proses pembersihan bagian dalam mobil. Anda tidak perlu menggunakan banyak air. Cukup gunakan spon atau lap bersih yang diberi sedikit cairan pembersih untuk membersihkan bagian-bagian interior mobil yang terkena noda.
5. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan jok mobil dan bagian interior mobil lainnya.
6. Untuk bagian mesin, anda dianjurkan untuk lebih berhati-hati dan tidak menggunakan aliran air yang terlalu keras. Kemudian untuk membersihkan minyak atau lemak yang menempel pada mesin, anda bisa memakai minyak tanah atau sabun pencuci.
7. Selanjutnya anda bisa beralih ke bagian ban mobil. Jangan sampai bodi mobil sudah bersih tapi bagian ban masih tampak kotor. Anda bisa memakai sabun khusus untuk membersihkan bagian rim ban yang berwarna. Namun jika rim ban berlogam maka anda bisa memakai sabun biasa.
8. Gunakan sikat sabut untuk membersihkan bagian-bagian ban yang kotor sehingga ban akan terlihat lebih bersih.

Ketika mencuci mobil sendiri, pastikan bahwa anda menggosok bodi mobil menggunakan spon dan sabun dari bagian atap mobil. Selain itu ketika pembilasan, pastikan bahwa anda benar-benar membilas sampai bersih dan tidak ada sabun yang tersisa. Bahan kimia yang ada di dalam sabun yang masih tersisa akan berpotensi merusak cat mobil.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan lap atau spon yang bersih. Jika anda menggunakan lap kotor maka bisa jadi ada debu atau pasir yang menempel pada lap sehingga ketika digosokkan ke bodi mobil akan menimbulkan bekas gesekan.
Itulah tadi panduan cara mencuci mobil yang bisa anda ikuti. Mencuci mobil sendiri memang akan memberikan banyak keuntungan bagi anda. Selain bisa memastikan mobil anda benar-benar bersih, anda tak perlu mengantre dan yang paling penting adalah anda bisa lebih berhemat karena tak perlu membayar ongkos cuci mobil.

0 comments:

Posting Komentar