Selasa, 17 Maret 2020

Bagaimana Sih Cara Menjaga Kesehatan Anak Di Usia Sekolah

Senangnya si kecil sudah sekolah. Anak tumbuh berkembang semakin pintar, memiliki anak yang baru saja menduduki bangku sekolah terkadang menjadi momok tersendiri bagi para orang tua. Ketakutan tersebut bukan karena biaya pendidikan yang kian mahal. Akan tetapi karena khawatir kesehatan anak terganggu. Bagaimanapun juga dunia sekolah merupakan dunia baru bagi anak yang pasti sangat mengganggu kebiasaan-kebiasaan yang sudah kita ajarkan sejak kecil. Misalnya waktu bermain yang akan menjadi lebih lama, anak menjadi lebih aktif karena banyak bertemu dengan teman baru, serta ketertarikan anak mencoba berbagai jenis jajanan yang tersedi adi sekolah. Jika kita kurang memperhatikan banyak kejadian orang tua yang melaporkan anaknya terpaksa harus beristirahat di rumah karena sakit akibat kelelahan padahal baru satu minggu masuk sekolah. Nah maka dari itu saya memberikan beberapa tips bagaimana cara Menjaga Kesehatan Anak Di Usia Sekolah.
Menjaga Kesehatan Anak Usia Sekolah

– Mengatur Waktu
Baru masuk sekolah membuat anak-anak terlalu bersemangat bermain dan berkumpul bersama teman-temanya. Agar anak tidak over dalam mempergunakan waktu bermainya, kita sebagai orang tua harus bisa dengan tegas mengatur waktu. Kapan waktu harus bermain di rumah, di luar rumah dan kapan waktu wajib untuk istirahat. Tak ada salahnya jika kita memberlakukan jadwal rutin sehari-hari. Diharapkan anak akan terbiasa dengan jadwal tersebut sehingga kita dapat mengontrol lebih mudah.

– Jangan Terlalu Banyak Membebankan Aktivitas Belajar
Semangat anak dalam belajar di dunia yang baru terkadang membuat kita tergoda untuk mengikut sertakan anak dalam banyak kegiatan.Mulai les hingga perlombaan yang sangat menguras waktu dan tenaga anak. Maka dari itu, sebagai orang tua jangan mudah terpengaruh. Pastikan kita memberikan porsi belajar dan kegiatan yang lainya sesuai dengan usia dan kemampuanya. Maksimalkan waktu istirahat agar kita tidak kebingungan bagaimana cara menjaga kesehatan anak.

– Makan Makanan Bergizi
Makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna sangat penting untuk anak usia sekolah. Karena tanpa sepengetahuan kita bisa saja anak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti pewarna dan pengawet. Maka dari itu, sebagai orang tua yang ingin menjaga kesehatan anak, jangan lelah menyiapkan bekal sehat untuk anak yang akan mengurangi kebiasaan jajan pada anak.

Tak hanya bekal sehat saja, tingkatkan konsumsi buah dan sayuran yang mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan agar anak tidak mudah sakit. Saat anak mengalami kejenuhan dengan buah dan sayur, anda dapat memodifikasinya dalam bentuk jus, puding atau bahkan es krim buatan sendiri yang aman untuk anak usia sekolah

0 comments:

Posting Komentar