Selasa, 31 Maret 2020

Cara Mengenalkan Musik pada Bayi

Ketika bayi menginjak usia kurang dari satu tahun, perkembangan indera pendengaran dan indera penglihatannya mulai tampak signifikan. Pada tahap ini memang perkembangan kecerdasan motorik kasar ataupun motorik halus bayi masih belum mencapai keadaan optimal karena bayi masih mengembangkan kemampuan kognitifnya lewat pendengaran dan penglihatan. Menurut salah satu penelitian yang pernah dilakukan, stimulasi musik merupakan salah satu cara optimal dalam mengembangkan kecerdasan kognitif pada bayi. Bagaimana Cara Mengenalkan Musik pada Bayi agar tumbuh-kembang kognitifnya bisa mencapai keadaan optimal?

Berikut ini beberapa kiat dan tips Cara Mengenalkan Musik pada Bayi sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu :

Portable. Sediakan alat pemutar musik portable yang sekarang banyak tersedia di pasaran. Pemutar musik portable merupakan salah satu pemutar musik yang praktis karena bisa dibawa kemanapun, serta mudah karena cukup mencolokkan memory card berisi file musik pada slotnya dan alat ini secara otomatis akan langsung bekerja. Letakkan portable musik yang berisi lagu-lagu seirama detak jantung didekat tempat tidur bayi.

Permainan. Kenalkan juga bayi pada instrument musik yang berupa mainan. Saat ini banyak tersedia di pasaran permainan instrument musik. Pilih yang sederhana saja seperti drum atau rebana. Kemampuan motorik kasar bayi masih hanya terbatas pada gerakan memukul.Video edukatif. Putarkan atau pertontonkan video edukatif yang memang khusus dibuat untuk bayi. Video edukatif untuk bayi biasanya dibuat dengan tujuan melatih indera penglihatan dan pendengaran, oleh karenanya biasanya berisi tentang pengenalan angka dan bentuk dengan berbagai warna menarik dan diiringi dengan musik. Memutarkan video edukatif bayi merupakan salah satu cara untuk mengenalkan musik pada bayi.

Beri contoh. Orangtua hendaknya memberi contoh cara bermusik atau memainkan instrument musik sebagai bagian dari stimulasi pengenalan musik. Lakukan stimulasi permainan musik ini pada setiap waktu, walaupun stimulasi terbaik hendaknya dilakukan ketika bayi sedang dalam keadaan bersantai. Stimulasi memainkan alat musik untuk melatih kemampuan pendengaran tidak perlu lama, cukup sekitar 10-15 menit, namun dilakukan berulang-ulang.

Pertunjukan. Bagi orangtua yang berkecukupan dalam ekonomi, tidak ada salahnya sesekali mengajak bayi menikmati pertunjukan musik. Namun demikian, pilihlah jenis pertunjukan musik yang tidak terlalu “berisik”. Usahakan menonton pertunjukan musik yang menyuguhkan jenis musik lembut. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan bayi rewel akibat gangguan suara yang dianggap mengganggu.

Demikianlah beberapa kiat dan tips Cara Mengenalkan Musik pada Bayi yang bisa dijadikan pertimbangan orangtua. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, mendengarkan musik terutama musik klasik pada bayi bisa mempengaruhi tingkat kecerdasan bayi. Hal ini disebabkan irama musik klasik ternyata memiliki panjang gelombang yang sama untuk mengembangkan kemampuan otak bayi melalui rangsangan atau stimulasi psikologis dan sosio-emosional. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar