Jumat, 03 April 2020

Kecelakaan yang Mungkin Terjadi Pada Si Kecil

Walaupun hanya di dalam rumah, seorang bayi berpotensi mengalami kecelakaan. Yang biasanya sering terjadi adalah jatuh dari tempat tidur, terjatuh saat bermain atau terkena benda tajam. Berikut adalah kejadian Kecelakaan yang Mungkin Terjadi Pada Si Kecil yang mungkin dapat melukai dan membahayakan bayi anda.

Terjatuh dari ranjang, untuk mencegahnya pagari ranjang dengan bantalan empuk
Tersengat listrik, cegah dengan menutup stop kontak dengan selotip. Letakkan juga segala perlengkapan elektronik jauh dari jangkauannya. Rapikan kabel-kabel yang menjuntai ke lantai
Tertimpa benda berat, cegah dengan merapikan semua barang-barang yang bisa di jangkau oleh bayi. Kunci semua laci lemari.
Terpeleset, pastikan semua lantai dalam keadaan kering untuk mencegahnya terpeleset
Memakan benda berbahaya, pastikan anda meletakkan semua barang berbahaya jauh dari jangkauannya, seperti obat nyamuk, sabun atau pembersih lantai
Jatuh dari ketinggian, cegah dengan memagari balkon atau teras yang tinggi dengan pintu agar bayi tidak bisa menerobos
Terluka dengan benda tajam, cegah dengan menyimpan benda tajam jauh dari jangkauannya
Terbakar, cegah dengan menjauhkan sumber api dari jangkauan tangan si kecil
Tersiram air panas, cegah anak masuk ke dapur atau menjangkau termos
NOTE: Apabila anak anda tersiram air panas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka semua bajunya. Perhatikan bagian yang paling parah terkena air panas. Segera siram dengan air keran yang mengalir. Jangan sekali-kali mengoleskan pasta gigi atau margarine sebaiknya diberi salep luka bakar. Apabila lukanya terlihat parah segera bawa ke dokter
Kecelakaan mobil, usahakan mendudukan anak di kursi belakang untuk mengurangi resiko cedera bila terjadi kecelakaan
Keracunan, cegah dengan meletakkan obat di tempat yang terkunci atau meletakan peralatan yang mengandung zat kimia jauh dari jangkauan anak-anak
Tercekik makanan yang berukuran kecil, cegah dengan selalu memperhatikan apa yang anak anda makan. Jauhkan benda-benda kecil dari jangkauannya
Tenggelam, cegah dengan selalu mendampingi anak anda pada saat mandi atau berenang

Berikut adalah beberapa rekomendasi tambahan tentang apa yang harus Anda lakukan untuk menjaga bayi dan anak Anda aman di rumah.
Perhatikan Lingkungan Sekitar Tempatnya Bermain

Cara yang paling efektif untuk memastikan keselamatan bayi dan anak Anda adalah tetap memantaunya pada saat bermain di rumah. Perhatikan apa saja yang bisa dijangkau olehnya? Apa yang tampak menggoda untuk diambil? Kemana biasanya ia pada saat merangkak, berjalan-jalan, atau berlari? Hal ini dapat membantu Anda mengetahui dimana saja area yang biasa ia masuki pada saat berjalan atau merangkak.

Hati-hati menyimpan benda berbahaya, termasuk produk pembersih, obat-obatan, vitamin, dan benda tajam. Bila perlu letakkan dalam lemari terkuci sehingga membatasi akses anak Anda untuk mengambilnya. Perhatikan benda-benda kecil di rumah anda seperti koin, kelereng, manik-manik, klip kertas, dan benda-benda kecil lain.Pastikan semua tersimpan dalam lemari terkunci atau di tempat yang tinggi.

Cek Semua Stop Kontak di Rumah Anda 
Tutup semua stop kontak yang dapat dijangkau oleh bayi dan anak-anak dengan selotip. Bila memungkinkan pindahkan ketempat yang lebih tinggi untuk mencegahnya tersengat listrik

Hati-hati dengan Furnitur dan Perlengkapan Rumah Tangga
Furnitur dan perlengkapan rumah tangga juga berpotensi menyebabkan kecelakaan didalam rumah. Rak buku yang besar atau berat, meja rias, dan peralatan adalah bahaya yang nyata. Letakkan barang-barang yang berat di laci atau lemari bagian bawah.

Bila ada rak buku atau hiasan, pastikan dalam posisi yang kokoh. Tempelkan pada dinding dan jangan meletakkan barang pecah belah di atasnya. Beri perlindungan pada sudut furniture yang tajam. Hal ini untuk menghidari terjadinya luka yang parah bila anak tidak sengaja terjatuh dengan area yang tajam.

Gerbang Penghalang
Pastikan kunci pintu yang menuju area keluar rumah dengan gembok. Selain anak anda aman hal ini juga untuk mencegah orang tidak dikenal masuk kedalam rumah. Apabila didalam rumah anda ada tangga menuju lantai atas lebih baik diberi pintu atau letakkan penghalang untuk mencegah si kecil naik ke atas.

Periksa Tirai dan Gorden 
Seorang anak bisa terjerat dalam tali jendela dilingkarkan dan mencekik dalam hitungan menit. Untuk menghindarinya, gulung tirai atau ikat sehingga anak-anak tidak dapat menjangkaunya.

Mencegah Anak-anak Tenggelam 
Bak, toilet, dan bahkan ember air semua potensi bahaya. Itulah mengapa penting untuk praktek keselamatan air di rumah. Sebagian besar kejadian tenggelam terjadi di bak mandi. Jangan pernah meninggalkan bayi Anda tanpa pengawasan di bak mandi. Pastikan selalu mengawasinya pada saat mandi.

Berhati-hati di sekitar kolam renang dan kolam air panas. Jika Anda memiliki kolam rendam, tiriskan dan simpan setelah menggunakannya. Jika Anda memiliki kolam renang, pastikan ada gerbang pembatas sehingga menghindari anak-anak bermain sendiri tanpa pengawasan.

Mencegah kebakaran
Hampir 2.500 anak-anak terluka atau tewas dalam kebakaran perumahan pada tahun 2002, dan lebih dari setengah dari mereka anak-anak di bawah usia 5, menurut Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA).

Untuk itu hindari anak-anak kontak dengan korek api, kompor atau alat perapian lainnya. Beri penjelasan kepada anak anda tentang bahaya bermain api. Letakkan benda yang dapat memicu api jauh dari jangkauan anak-anak.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini membahas tentang Kecelakaan yang Mungkin Terjadi Pada Si Kecil. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat, khususnya bagi para orang tua dalam memberikan yang terbaik untuk sang buah hati agar senantiasa merasa aman dan nyaman dalam masa tumbuhnya.

0 comments:

Posting Komentar