Selasa, 14 April 2020

Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI

Bagi setiap keluarga hadirnya buah hati ditengah-tengah keluarga merupakan anugerah yang sangat besar. Kehadirannya dapat membuat membuat suasana rumah menjadi bahagia dan hangat. Terlebih lagi bila anak tersebut merupakan anak pertama, sebagai orang tua pastinya akan sangat senang. Dan sebagai orang tua pastinya akan senantiasa berusaha merawat anaknya dengan benar, dengan harapan sang anak tidak terkena penyakit serta selalu sehat.

Ketika masih bayi, tentunya anak akan sangat dibutuhkan perhatian serta pengawasan yang extra, karena pada fase ini bayi masih memiliki  tubuh yang lemah. Pada sebagian seringkali bayi mengalami muntah setelah minum ASI. Bagi keluarga baru, ini akan membuat orang tua sangat khawatir, karena tidak ingin terjadi apa – apa pada buah hatinya. Nah berikut akan kita bahas Penyebab Anak Muntah Setelah Minum ASI.

Apa Itu Muntah?
Muntah reaksi tubuh yang terjadi karena kontraksi otot– otot perut yang kuat sehingga  isi lambung keluar secara terpaksa melalui mulut. Terjadinya kontraksi pada otot-otot perut dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Apa Saja Penyebab Anak Mengalami Muntah Setelah Minum ASI ?

  • ASI Melebihi Kapasitas Lambung.

Penyebab bayi muntah saah satunya adalah karena makanan yang terdahulu. Saat kondisi lambung masih terdapat makanan yang terdahulu dan anda memberikan ASI lagi, akan membuat lambung menjadi penuh dan tidak memungkinkan untuk menampung ASI lagi. Sehingga bayi akan menjadi muntah setelah minum ASI, dikarenakan kelebihan ASI keluar lagi. Bayi mempunyai kapasitas lambung sendiri.
Saat menyusui dengan posisi yang tidak tepat dapat menjadi Penyebab Anak Muntah Setelah Minum ASI. Ketika anda menyusui sambil tiduran dan bayi tidur terlentang akan membuat bayi anda muntah, ini di sebabkan dengan posisi itu ASI yang harusnya masuk ke saluran pencernaan malah masuk ke system pernafasan. Alangkah lebih baik jika anda menyusui kepala bayi lebih tinggi dari tubuhnya sehingga bayi tidak akan muntah setelah minum ASI.

  • Pemakaian DOT yang Tidak Tepat.

Muntah setelah minum ASI dapat terjadi jika anda salah memberi dot, sehingga lambung lebih banyak terisi udara, dan ketika ASI masuk lambung sudah penuh mengakibatkan susu keluar lagi.

  • Belum Sempurnanya Klep Penutup Lambung.

Di antara saluran pencernaan atas dan lambung terdapat klep penutup lambung. Sebelum masuk ke lambung, ASI akan masuk ke saluran pencernaan atas dahulu. Dan fungsi dari klep ini penting mengatur masuknya ASI ke dalam lambung. Apabila klep ini tidak berfungsi maka dapat menyebabkan anak muntah setelah minum ASI. Dan bayi pada umumnya memiliki klep yang belum sempurna, sehingga seringkali bayi mengalami muntah setelah minum ASI yang seringkali disebut dengan istilah “gumo”.

  • Fungsi Pencernaan Belum Sempurna.

Selain itu salah satu penyebab bayi muntah sesaat setelah minum ASI yaitu di sebabkan karena saluran pencernaan bayi peristaltic belum sempurna. Jika saat menyusui sang bayi terus saja menggeliat dan menangis akan membuat bayi muntah setelah minum ASI, ini disebabkan dengan terus menggeliat dan menangis tekanan di dalam perut bayi  tinggi dan ASI akan keluar.


Bagaimana cara menghindari muntah setelah minum ASI bagi bayi?
Agar anak anda tidak muntah setelah minum ASI jangan memberikan ASI saat bayi sedang berbaring.
Control pemberian ASI bagi bayi anda, jangan melebihi kapasitas lambung sang bayi, sehingga bayi anda tidak akan muntah setelah minum ASI.
Setelah selesai menyusui usahakan bayi bersendawa segera. Dengan bersendawa ASI akan masuk ke lambung dan bayi tidak akan muntah setelah minum ASI.

Bagi ibu muda atau ibu baru, mengetahui Penyebab Anak Muntah Setelah Minum ASI dan cara menghindarinya sangat penting. Sehingga saat bayi muntah anda tidak perlu terlalu panik serta khawatir. Beberapa ibu sering panik saat anak muntah, jadi ini penting ya

0 comments:

Posting Komentar